Sabar Gaes, 4 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Akan Semurah Mobil Biasa

Sabar Gaes, 4 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Akan Semurah Mobil Biasa

MICHIGAN – Salah satu masalah pelik pada kendaraan listrik adalah harganya yang sangat mahal. Di masa depan, kemungkinan harga mobil listrik bisa setara dengan mobil konvensional.

Kepada Carscoops, Head of clean power at Bloomberg New Energy Finance Logan Goldie Scot mengatakan, dalam empat tahun ke depan, harga mobil listrik akan turun cukup signifikan.

“Dalam empat tahun, pembuat mobil besar harus bisa memproduksi dan menjual kendaraan listrik untuk pasar massal dengan harga yang sama dan dengan margin yang sama seperti mesin pembakaran internal,” katanya.

Dari semua bagian mobil listrik , komponen baterai lah yang punya harga paling tinggi. Salah satu solusinya adalah dengan mencari penyempurnaan dan optimalisasi energi.

“Jika dilihat dari penyusutan biaya selama satu dekade terakhir dan yang diharapkan beberapa tahun ke depan, harga EV dapat ditekan seiring dengan penyusutan biaya baterai yang ada,” kata Logan.

Menurut Logan, harga paket baterai lithium ion EV akan turun hingga 89 persen di akhir dekade ini. Artinya, pembuat mobil listrik bisa menjajakan produknya dengan harga yang lebih kompetitif.

“Ilustrasi saja, sepuluh tahun silam biaya baterai EV sekitar Rp15,7 juta tiap kWh, sedangkan sekarang berada di angka Rp1,9 jutaan per kWh. Bahkan di Cina untuk segmen tertentu harganya mencapai Rp1,4 jutaan per kWh,” ujar Logan.

sumber: sindonews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s