Mobil Listrik Sudah Mulai Masuk RI, Seberapa Laku di 2020?

Mobil listrik Lexus UX 300e

Jakarta – Mobil listrik sudah mulai memasuki pasar otomotif Indonesia. Peminat mobil listrik di Indonesia pun makin bertambah. Seberapa banyak penjualan mobil listrik di Indonesia sepanjang 2020?


Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada beberapa kendaraan bertenaga listrik murni yang sudah dijual di Indonesia. Data distribusi wholesales (dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gaikindo memang menyatakan bahwa belum banyak mobil listrik yang beredar di Indonesia. Namun, setidaknya masyarakat Indonesia sudah mulai sadar dengan keunggulan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, mobil listrik yang paling banyak terjual adalah Hyundai Ioniq. Pada awal 2020, Hyundai mengimpor Hyundai Ioniq dari Korea Selatan untuk kebutuhan taksi online Grab. Baru pada November 2020 lalu, Hyundai resmi meluncurkan Ioniq untuk masyarakat umum.

Total selama 2020 (Januari-November 2020), Hyundai menjual mobil listrik Ioniq sebanyak 71 unit. Mobil listrik Hyundai Ioniq merupakan mobil listrik yang paling murah di Indonesia, setidaknya sampai saat ini. Hyundai Ioniq Prime dijual dengan harga Rp 624,8 juta dan Hyundai Ioniq Signature dibanderol Rp 664,8 juta.

Selain itu, Hyundai juga menjual mobil listrik Kona EV berbentuk SUV. Hyundai Kona EV menjadi mobil listrik terlaris kedua di Indonesia tahun 2020. Hyundai menjual Kona EV sebanyak 38 unit. Hyundai Kona dijual dengan harga Rp 674,8 juta.

Mobil listrik lain yang juga dijual di Indonesia adalah BMW i3s. Mobil listrik murni berbasis baterai ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 1.309.000.000 dengan status off the road. Penjualan BMW i3s menurut data Gaikindo sepanjang 2020 sampai November tercatat sebanyak 5 unit.

Terakhir adalah mobil listrik Lexus UX 300e. Lexus UX 300e adalah mobil listrik pertama grup Toyota yang dijual resmi di Indonesia. Mobil listrik Lexus bertenaga full baterai ini dijual dengan estimasi harga Rp 1,245 miliar. Lexus baru mendistribusikan UX 300e sebanyak 2 unit pada September 2020.

Sementara itu, data Gaikindo tidak mencatat seberapa banyak mobil listrik Tesla terjual di Indonesia. Sebab, distributor Tesla di Indonesia bukan merupakan anggota Gaikindo.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s