India Siap Bangun Taman Energi Terbarukan Diklaim Terbesar di Dunia

India Siap Bangun Taman Energi Terbarukan Diklaim Terbesar di Dunia

Suara.com – India akan membangun taman energi terbarukan, yang diklaim sebagai terbesar di dunia dan akan menghasilkan listrik sebesar 30 gigawatt.

Proyek besar di wilayah Kutch di negara bagian Gujarat barat itu dibangun di area seluas 72.600 hektar atau sekitar seluas Singapura, di mana akan berisi panel surya, unit penyimpanan energi surya, dan kincir angin.

“Taman energi terbarukan hibrida akan menjadi yang terbesar di dunia dan menghasilkan listrik sebesar 30.000 megawatt,” kata Narendra Modi, Perdana Menteri India, seperti dikutip Science Alert, Jumat (18/12/2020).

Modi mengatakan bahwa keamanan energi dan air sangat penting di abad ke-21. Dua proyek besar taman energi terbarukan dan pabrik desalinasi yang diresmikan pada 15 Desember di Kutch merupakan upaya untuk mencapai hal itu.

Proyek energi terbarukan itu merupakan bagian dari target ambisius India untuk menghasilkan 175 GW pada 2022 dan 450 GW pada 2030.

Modi menambahkan bahwa proyek ini juga akan membantu negara terpadat kedua di dunia itu mengurangi emisi karbon dioksida hingga 50 juta ton per tahun.

Sementara itu, pabrik desalinasi akan mampu mengolah 100 juta liter air sehari untuk 800.000 orang yang tinggal di wilayah gersang yang berbatasan dengan Pakistan.

sumber: suara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s