Kosta Rika Minta Turis Menyumbang untuk Lingkungan

12 Alasan Kosta Rika Jadi Destinasi Terbaik Dunia, Mau Coba? - Travel  Tempo.co

Kosta Rika – Kosta Rika punya kebijakan baru yang melibatkan turis. Mereka meminta siapapun turis yang masuk ke negaranya berpartisipasi ‘menyumbang’ untuk lingkungan.


Dilansir dari Lonely Planet, Jumat (13/11/2020) Costa Rika membuat kebijakan baru terhadap lingkungannya yang melibatkan para turis. Mereka mendorong para wisatawan yang datang untuk ‘bertanggungjawab’ terhadap jejak karbon yang dihasilkan dari penerbangan ke negara mereka.

Inisiatif ini yang dikenal dengan nama ‘Ikrar Pura Vida’ dengan mencari sumbangan sukarela dari para pelancong yang nantinya digunakan untuk proyek lingkungan di seluruh negeri. Mulai dari penanaman pohon, regenerasi ruang alam, dan penerapan sistem agroforestri di pertanian lokal.

Adapun jumlah yang diminta ke para pelancong ditentukan dengan menggunakan kalkulator online yang dibuat oleh Dana Pembiayaan Kehutanan Nasional atau National Forestry Financing Fund.

Berdasarkan data pengunjung dari 2018, diperkirakan bahwa negara telah mengumpulkan lebih dari USD 3,5 juta untuk proyek lingkungan, meskipun hanya 10% dari emisi yang diimbangi.

“Perjanjian ini melibatkan wisatawan kami untuk mengurangi perjalanan mereka dan dengan demikian mereka berkontribusi pada perlindungan dan pemulihan hutan. Ini adalah langkah maju dalam pariwisata yang bertanggung jawab,” kata Gustavo Segura, Menteri Pariwisata Kosta Rika.

Perlu traveler ketahui, Kosta Rika dipandang sebagai pemimpin dunia dalam gerakan lingkungan. Negara ini juga dianugerahi Champion of the Earth oleh United Nations Environmental Programme pada tahun 2019, sebuah penghargaan lingkungan tertinggi PBB.

Kosta Rika memang berambisi menjadi negara yang netral karbon pada tahun 2050, dan ini terus berlanjut. Mereka punya taman nasional yang membentuk sekitar 25% dari lanskap Kosta Rika. Hampir 30% dari sumber energi negara tersebut dapat diperbarui dan sekitar 50% lahannya berhutan. Keren kan?

Oh ya, mulai akhir Oktober turis yang ingin Kosta Rika tidak lagi harus menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 untuk memasuki negara itu, yang sebelumnya diwajibkan oleh para pelancong sejak mulai membuka perbatasannya secara bertahap pada Agustus.

Mulai 1 November, semua pelancong internasional sekarang diizinkan mengunjungi Kosta Rika.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s