CopenHill, Pembangkit Listrik Tenaga Limbah Sekaligus Jalur Pendakian Hijau

https: img.okezone.com content 2020 11 11 612 2307686 copenhill-pembangkit-listrik-tenaga-limbah-sekaligus-jalur-pendakian-hijau-asreAzDQqI.jpg

Bangunan bernama CopenHill bukan hanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga limbah jadi energi terbesar di dunia. Bangunan ini juga merupakan mahakarya desain arsitektur, yang menggabungkan lereng ski raksasa dan jalur pendakian di atapnya yang berkelok-kelok, serta dinding panjat besar di salah satu sisinya.

Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga hasil dari pemrosesan sampah biasanya tidak menjadi tempat wisata yang menarik. Tetapi pencapaian terbaru Copenhagen dalam upayanya menjadi kota bebas karbon pertama di dunia sungguh menarik.

CopenHill tidak hanya mampu mengubah 440.000 ton limbah menjadi energi bersih setiap tahun, tetapi juga merupakan hiburan yang menarik bagi orang-orang yang ingin melakukan aktivitas luar ruangan di dekat pusat Ibu Kota Denmark.

Selama musim panas, atap CopenHill yang berkelok-kelok berfungsi ganda sebagai jalur pendakian hijau. Sedangkan di musim dingin tempat ini menjadi lereng langit buatan, sebab mereka memiliki ‘dinding panjat buatan tertinggi di dunia’.

Merangkum dari Oddity Central, Rabu (10/11/2020), CopenHill dimulai sebagai proyek arsitektur yang berani dari sebuah studio bernama PLOT, pada 2002. Mereka mengusulkan untuk memasukkan ruang kota publik di daerah terpadat Copenhagen dengan menempatkan lereng ski di atas department store terbesar di kota.

Meskipun memenangkan kompetisi desain, proyek tersebut tidak pernah benar-benar terwujud, tetapi menginspirasi konsep di balik CopenHill. Satu dekade setelah ide atap fungsional pertama kali diusulkan, Bjarke Ingels Group (BIG) memenangkan kompetisi desain internasional untuk pabrik limbah menjadi sumber energi Copenhagen.

Ingels adalah arsitek di balik PLOT, dan dia memutuskan untuk membuat proyek lamanya menjadi kenyataan dengan cara yang bahkan lebih mengesankan. Membangun kemiringan langit buatan di atas pusat perbelanjaan adalah satu hal yang biasa. Tapi ia melakukannya di pembangkit listrik pemrosesan limbah.

CopenHill diresmikan setahun yang lalu, pembangkit listrik ini telah menjadi salah satu landmark paling populer di ibu kota Denmark. Tidak hanya sebagai bangunan tertinggi di kota dan fasilitas tempat mengubah limbah jadi energi terbersih di dunia, tetapi juga menarik banyak penduduk lokal dan turis yang tertarik dengan fasilitas hiburan.

Selama bulan-bulan musim panas yang hangat, atap CopenHill berfungsi sebagai taman aktivitas lengkap yang menyediakan jalur hiking, taman bermain, peralatan kebugaran, lari lintas alam, memanjat dinding, dan pemandangan kota yang spektakuler bagi pengunjung.

Di musim dingin, tempat ini menawarkan lereng ski setinggi 1.640 kaki (500 meter), lengkap dengan sistem lift ski. Lereng terbentang dari atas bangunan setinggi 90 meter ke dasarnya, dengan putaran 180 derajat di tengah jalur.

“Sebagai pembangkit listrik, CopenHill sangat bersih sehingga kami dapat mengubah massa bangunannya menjadi landasan kehidupan sosial kota. Fasadnya dapat dipanjat, atapnya dapat didaki, dan lerengnya dapat digunakan untuk ski. Contoh yang sangat jelas tentang keberlanjutan hedonistik bahwa kota yang berkelanjutan tidak hanya lebih baik bagi lingkungan tetapi juga lebih menyenangkan bagi kehidupan warganya,” tutur Pendiri BIG, Bjarke Ingels.

sumber: okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s