Wow! Infrastruktur Pengisian Daya Pesawat Listrik Akan Dibangun!

An Aviation Pioneer Goes All In on Electric Planes | WIRED

Dari awal kita hanya sering mendengar tentang mobil listrik dan motor listrik sehingga tentunya kedua kendaraan ini menjadi populer dan berkembang.

Salah satu upaya dalam mengembangkan kedua jenis kendaraan listrik ini adalah dengan membangun infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di berbagai tempat.

Tapi bagaimana dengan pesawat listrik? Ternyata selama ini di bandara belum ada pembangunan infrastruktur pengisian daya pesawat listrik sama sekali!

Hal ini terjadi karena selama ini daya listrik di bandara hanya digunakan untuk gantungan, jalur taksi, gerbang, lampu, AC, dan lainnya sehingga daya listrik di bandara tidak cukup untuk mengisi daya pesawat listrik.

Selain itu, biaya pembuatan infrastrukturnya sangat mahal sehingga mungkin bisa memakan waktu yang lebih lama. Apalagi bandara harus membuat sebuah jaringan listrik di bawah landasan pacu yang tentunya ribet banget!

Tapi tenang! Sekarang startup ini punya solusinya!

Sebuah startup bernama Beam Global yang berkecimpung dalam peengisian daya kendaraan listrik mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan infrastruktur pengisian daya pesawat listrik dengan energi matahari.

Menurut CEO Beam Global, Desmond Wheatley energi matahari dipilih karena biayanya yang sangat murah dan mudah untuk dipasang.

Apalagi dalam membangun jaringan listrik energi matahari tidak perlu membangun konstruksi seperti jaringan energi lainnya.

Tidak hanya itu, Desmond juga mengatakan bahwa mereka bisa membuat energi listrik yang dihasilkan dapat disimpan dalam sebuah baterai agar dapat digunakan di lain waktu.

Tentu Desmond sudah mulai mencoba untuk menyelesaikan masalah energi terbarukan yaitu penyimpanan energi listrik yang dihasilkan.

Idenya ini berhasil ketika diujicoba di California dengan menggunakan sebuah pesawat latih yang diterbangkan dari sebuah bandara.

Walaupun begitu, startup ini mengatakan bahwa inovasi ini masih belum bisa diaplikasikan secara luas dalam penerbangan komersial.

Hal itu terjadi karena kepadatan baterai yang mungkin tidak begitu kuat untuk pesawat-pesawat penerbangan komersial yang berukuran besar.

Tapi tentunya ini wajar karena inovasi ini masih menjadi suatu awal dari perkembangan infrastruktur pengisian daya pesawat listrik.

Selanjutnya, perusahaan ini berencana untuk memperluas program pengujian ke berbagai bandara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s