Luhut Beberkan Cara Indonesia Jaga Lingkungan di Forum ASEAN

Menko Luhut Bahas Industri Mobil Listrik Nasional Bareng DPR

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan langkah-langkah yang telah dilakukan Indonesia dalam rangka menjaga lingkungan demi mengurangi dampak perubahan iklim.

Ini dia ungkapkan saat menghadiri pertemuan virtual dengan para pemimpin negara kawasan ASEAN.

“Indonesia terus melakukan upaya-upaya konkrit untuk menjaga kelestarian alam sebagai bagian dari kontribusi pengurangan dampak perubahan iklim,” kata Luhut dalam Dialog Virtual bertajuk The 7th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources Agroforestry for Sustainability: Climate, Conservation, and Communities in Asean, Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia melakukan restorasi lingkungan sekaligus menjaga kesejahteraan masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

Di antaranya lain melalui pemanfaatan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) padat karya untuk program rehabilitasi mangrove, dan restorasi terumbu karang.

Upaya teknis lain yang dilakukan Indonesia dengan mengatasi masalah sampah. Salah satunya penanganan pencemaran Sungai Citarum yang pernah disebut sungai terkotor di dunia.

Luhut menegaskan komitmen pemerintah untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan menangani dampak perubahan iklim.

Ajak Masyarakat

Dia juga mengajak masyarakat internasional untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melindungi lingkungannya.

Salah satunya dengan menggunakan energi ramah lingkungan Pembangkit Tenaga Air. Selain menjadi sumber tenaga listrik, pembangkit ini juga bisa dimanfaatkan memproduksi barang ramah lingkungan baik untuk konsumsi Indonesia maupun kebutuhan ekspor.

Menurut Luhut, Singapura bisa menjadi mitra kerja sama yang cocok dalam pengembangan bisnis model tersebut. “Singapura dapat menjadi partner yang sangat baik untuk pengembangan bisnis model ini,” pungkas Luhut.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s