Gile! Sekarang Nyari Berlian Bisa Dari Langit?!

Dale Vance memegang berlian buatannya

Berlian sudah pasti jadi barang mewah buat banyak orang. Selain kilauan yang indah, harganya yang mahal juga membuat berlian menjadi sangat mahal.

Tentunya berlian tidak didapat dengan mudah, melainkan dengan perjuangan yaitu penambangan di medan tambang yang cukup berbahaya dan biasanya merusak lingkungan.

Poin kedua tadi yaitu merusak lingkungan menjadi pertimbangan penting dalam penambangan berlian.

Tapi sekarang kita bisa cari berlian dari langit lho! Maksudnya hujan berlian? Ya nggak lah!

Bukan berarti saya ngomong tentang hujan berlian, tapi ini benar adanya!

Baru-baru ini, seorang pria bernama Dale Vince yang merupakan pendiri perusahaan Ecotricity mengklaim bahwa dirinya telah berhasil membuat berlian yang terdiri dari karbon, air, dan energi yang sumbernya berasal dari sebuah fasilitas di sebuah wilayah bernama Stroud, Inggris.

Secara teknis, berlian ini dibuat dengan karbondioksida yang ditangkap langsung dari atmosfer dan air yang dikumpulkan dari hujan. Proses pembuatannya pun juga menggunakan energi terbarukan.

Tentunya inovasi ini merupakan terobosan baru bagi lingkungan karena telah berhasil mengurangi karbondioksida di atmosfer bumi.

Selain itu penambangan berlian ini juga tidak merusak lingkungan karena tidak perlu melakukan penambangan biasa yang melibatkan alat berat dan mengacaukan suatu lingkungan.

Apalagi produksi berlian satu karat membutuhkan perpindahan batu seberat 1000 ton, pengunaan air sebanyak 3890 liter dan bahkan menghasilkan 108 kg emisi karbon dioksida.

Tidak hanya berlian, Dale juga memiliki rencana lain yaitu menangkap karbondioksida yang nantinya akan dibuat menjadi hidrogen yang dibutuhkan untuk membuat metana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s