Produksi Mobil Listrik, Volkswagen Pesan 2.200 Robot

https: img.okezone.com content 2020 10 22 52 2297640 produksi-mobil-listrik-volkswagen-pesan-2-200-robot-QFBfEIy9QJ.jpg

JAKARTA – Demi produksi mobil listrik, Volkswagen telah memesan 2.200 robot. Nantinya, robot-robot akan diperkerjakan di tiga pabrik Volkswagen yang fokus dalam membuat mobil listrik yakni di Emden, Hanover yang ada di Jerman dan Chattanooga di Amerika Serikat.

Rencananya mayoritas robot-robot itu akan dikirimkan ke pabrik di Chattanooga. Sebanyak 1.400 robot akan bekerja keras memproduksi mobil listrik terbaru yakni Volkswagen ID.4. Sementara sisanya akan diberikan ke pabrik di Emden dan Hanover untuk pembuatan mobil listrik Volkswagen ID.BUZZ.

Menurut Inside EV, ribuan robot itu dipesan dari dua pabrik yang berbeda yakni perusahaan Jepang, FANUC dan ABB dari Swis. Kehadiran robot-robot itu justru sepertinya akan mengeliminasi beberapa elemen buruh pabrik. Pasalnya seluruh robot akan bertugas membuat badan mobil serta perakitan baterai. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Volkswagen mengatakan nantinya ketiga pabrik tersebut merupakan pabrik termoderen dan tercanggih yang dimiliki oleh Volkswagen. Untuk pengembangan ketiga pabrik itu, Volkswagen dilaporkan telah menggelontorkan dana yang sangat besar yakni sekitar 33 milyar Euro atau setara Rp566 triliun. Rencananya modernisasi ketiga pabrik itu akan selesai pada 2024.

“Di pabrik-pabrik itu kami akan mengembangkan dua model yang sangat canggih yang akan memberikan dampak yang sangat besar untuk mobilitas masa depan. Investasi yang kami berikan berupa digitalisasi, teknologi termuktahir dan otomatisasi yang melampaui teknologi yang ada saat ini,” jelas Christian Vollmer, Member of the Board of Management of Volkswagen.

Diketahui Volkswagen ID.4 merupakan SUV listrik terbaru yang dibuat oleh Volkswagen dengan menggunakan platform MEB. Platform yang sama juga digunakan Volkswagen dalam memproduksi Volkswagen ID BUZZ. Mobil ini diprediksi akan jadi mobil listrik yang laris karena mengambil elemen mobil klasik Volkswagen Combi yang populer di masyarakat.

sumber: okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s