Hyundai Percaya Indonesia Lompati Hybrid, Pilih Mobil Listrik

Menurut Hyundai pemerintah Indonesia tidak seperti Thailand yang memasuki tahapan mobil hybrid lebih dulu, tetapi langsung loncat ke mobil listrik.

Jakarta, CNN Indonesia — Hyundai optimistis terhadap masa depan mobil listrik di Tanah Air. Perusahaan asal Korea Selatan ini bahkan tak berniat menjajal hybrid sebagai batu loncatan sebelum menjual mobil murni listrik.


Hybrid saat ini menjadi pilihan sejumlah merek di Indonesia dalam memasarkan mobil ramah lingkungan. Kemudahan penggunaan, infrastruktur, dan ketersediaan teknologi dari prinsipal merupakan latar belakang hybrid jadi pilihan.

Sementara itu mobil listrik yang dijual di Indonesia masih terbatas dan harganya mahal, ini karena ekosistemnya belum mendukung seperti infrastruktur stasiun pengecasan. SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) belum tersebar merata di dalam negeri.

Vice President Hyundai Motor Asia Pasific HQ Lee Kang Hyun mengatakan keyakinan Hyundai terhadap mobil listrik di Indonesia berkaca pada keseriusan pemerintah.

Menurut dia pemerintah Indonesia cenderung mendorong industri otomotif segera bertolak ke mobil listrik ketimbang hybrid yang masih mengandalkan mesin beremisi sebagai salah satu sumber tenaga.

“Di Asean, Thailand arahnya konvensional ke hybrid, baru mobil listrik. Tapi kelihatannya pemerintah Indonesia benar-benar mengusahakan keras dari konvensional ke mobil listrik,” ungkap Lee mengutip CNBC Indonesia, Selasa (20/10).

Menurut Lee, pemerintah telah memberi banyak dukungan untuk membentuk ekosistem mobil listrik baik melalui regulasi atau penyediaan SPKLU secara bertahap.

“Dari Hyundai sendiri memang cukup percaya kebijakan dari pemerintah dan juga arahan dari pemerintah dalam rangka waktu cepat … semua infrastruktur termasuk charging station bisa dibimbing dari pemerintah dan bisa siap,” ucap dia.

“Berarti memang Hyundai bisa mendukung dan kerja sama dengan pemerintah dan mempersiapkan mobil listrik di Indonesia,” katanya lagi.

Hyundai merupakan salah satu produsen yang berkomitmen segera memproduksi mobil listrik di Indonesia dalam waktu dekat. Rencana perusahaan bakal meluncurkan mobil listrik Hyundai ‘made in’ Indonesia pada 2022.

Pabrik yang akan digunakan untuk melakukan produksi mobil listrik berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dengan nilai investasi USD1,55 miliar. Selain mobil listrik, pabrik juga akan memproduksi mobil konvensional.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s