Alasan Honda Belum Jual Mobil Hybrid atau Listrik di Indonesia

Honda CR-V Diperbarui, Kini Ada Versi Hybrid

Jakarta – Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif yang belum menerima seutuhnya mobil listrik. Regulasi dan infrastrukturnya belum saklek, tapi sudah banyak merek-merek yang menjajakan mobil ini di Indonesia.


Mobil listrik yang sudah dipasarkan di Indonesia di antaranya Tesla, BMW i3 dan Hyundai Ioniq. Sementara itu jenis Hybrid juga sudah banyak dari merek Jepang maupun Eropa, namun dijual dengan ketentuan pajak mobil bensin.

Dari semua merek yang berjualan di Indonesia, Honda merupakan salah satu pabrikan yang tidak terlihat punya keinginan menuju elektrifikasi. Sampai saat ini belum ada pengenalan mobil listrik atau hybrid Honda di Indonesia. Padahal secara global produk-produk Honda yang di Indonesia ada opsi penggerak hybrid.

Saat ditanya, Honda berdalih masih mempelajari dan menunggu semua perangkat ekosistem mobil listrik selesai. “Kami pelajari regulasi tersebut untuk menentukan teknologi apa yang paling sesuai. Misal infrastruktur dan bagaimana regulasi dari pemerintah,” jawab Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy dalam Wawancara Virtual Update Penjualan PT HPM Semester Kedua, Senin (19/10/2020).

Seperti yang disebutkan di atas banyak kompetitor Honda yang sudah mulai duluan dengan mobil listrik atau hybrid. Jika harus memilih berdasarkan situasi sekarang, Honda melihat teknologi yang tepat untuk memasukkan elektrifikasi ke Indonesia adalah lewat hybrid.

“Perlu bridging supaya tidak kaget langsung baterai, jadi kalau bagi kami hybrid paling tepat untuk sekarang melihat infrastruktur dan regulasi serta juknis. Karena kalau langsung baterai itu nanti infrastruktur bagaimana suplier bagaimana itu tidak ada nantinya,” terang Yusak.

“Sekarang saya bilang hybrid paling cocok tapi nanti belum tahu, kita akan pelajari dulu regulasinya seperti apa, insentif seperti apa, infrastruktur seperti apa. Kalau ditanya sekarang hybrid, tapi lihat perkembangan seperti apa dan itu cepat berubah,” tukasnya.

Secara global Honda sudah memiliki Honda E yang dipasarkan di Eropa. Untuk jenis hybrid ada juga Honda C-RV yang barus saja meluncur beberapa minggu lalu.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s