Sampah di Taman Nasional Komodo Tanggung Jawab Siapa?

Could overtourism kill the Komodo dragon?

Labuan Bajo – Sampah menjadi masalah di Taman Nasional Komodo. Balai TN Komodo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut sampah itu merupakan tanggung semua pihak.


Taman Nasional Komodo sedang berproses menjadi destinasi wisata superprioritas. Tapi, ada satu masalah krusial yang dihadapi, yakni sampah.

Menurut data dari Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Manggarai Barat, selama tahun 2019 jumlah sampah plastik yang berhasil dikumpulkan mulai dari Perairan Labuan Bajo hingga kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) tidak sedikit. Per hari, sampah di kawasan itu bisa mencapai lima sampai 10 ton.

Balai Taman Nasional Komodo pun diminta untuk lebih serius mengatasi permasalahan itu.

“Kami bersyukur karena semakin banyak yang peduli dengan masalah sampah di Labuan Bajo, khususnya di Taman Nasional Komodo,” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang sepertid ikutip Antara.

Lukita bertekad mengetuk pintu seluruh pihak untuk mengedukasi soal sampah. Juga mengingatkan agar warga dan turis tidak membuang sampah sembarangan.

“Sebenarnya kegiatan edukasi soal sampah ini tidak hanya dilakukan oleh Le Mineral saja , tetapi sebelum-sebelumnya juga sudah pernah dilakukan oleh pemangku kepentingan pelaku wisata di daerah ini,” katanya.

Menurut dia, sampah di kawasan Taman Nasional Komodo dan sekitarnya bukan hanya sampah di daratan, tetapi ada pula sampah yang dibuang di tengah laut kemudian dibawa arus menuju pesisir pantai.

Senada, Dirjen Pengolahan Sampah Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan sampah plastik harus ditangani semua pihak lewat kerja sama bersinergi. Apalagi, kata dia, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sendiri juga sudah menargetkan pada tahun 2025 nanti kawasan wisata premium Labuan Bajo akan bebas dari sampah.

Itu sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstranas) pengelolaan sampah dalam bentuk kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada).

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s