Polusi Udara Merusak Otak Orang Muda

Ilustrasi Alzheimer

London, Beritasatu.com- Satu penelitian menyimpulkan polusi udara merusak otak muda dengan cara yang mirip dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Satu partikel polusi udara kecil di otak orang muda, yang menurut mereka dapat menyebabkan kerusakan sel otak.

Seperti dilaporkan RT, Rabu (7/10), hasil penelitian itu diterbitkan dalam jurnal Environmental Research. Sebelumnya, para peneliti menemukan kerusakan pada otak 186 anak muda yang meninggal, termasuk anak-anak kecil, dari Mexico City yang dibedah sebagai bagian dari penelitian.

Partikel polusi udara kecil ditemukan di batang otak masing-masing individu yang diteliti, dengan para peneliti memperingatkan bahwa partikel dapat memengaruhi molekul seperti Alzheimer dan Parkinson.

Bukti pencemaran terletak di substansia nigra – area otak yang sangat penting untuk perkembangan penyakit Parkinson. Tim percaya bahwa partikel, yang terkait dengan Alzheimer dan Parkinson, dan yang terdeteksi di otak subjek muda, bisa masuk ke sistem manusia melalui hidung atau usus.

Sementara itu, partikel polusi tidak dapat ditemukan di otak orang-orang dari daerah yang kurang tercemar dibandingkan Mexico City, yang terkenal dengan kabut asap dan situasi ekologis yang semakin berbahaya.

Kepada The Guardian, Profesor Barbara Mather dari Lancaster University, yang merupakan salah satu penulis makalah tersebut, mengatakan studi ini masih dalam tahap observasi.

Namun, Mather mengatakan bahwa temuan baru memberikan kepercayaan lebih pada teori bahwa ada hubungan langsung antara penyakit neurodegeneratif dan polusi.

“Sejauh ini, kami tidak dapat membuktikan kausalitas, tetapi bagaimana Anda bisa mengharapkan nanopartikel yang mengandung spesies logam tersebut tinggal diam dan tidak berbahaya di dalam sel kritis otak? Tampaknya partikel nano itu menembakkan peluru yang menyebabkan kerusakan neurodegeneratif yang diamati,” ujarnya.

Sumber:Suara Pembaruan

sumber: beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s