Tesla Disebut Kontak Luhut Soal Investasi Mobil Listrik

Tesla merupakan salah satu pihak produsen otomotif global yang tertarik berinvestasi di dalam negeri terkait kendaraan listrik.

Jakarta, CNN Indonesia — Produsen mobil listrik asal California, Amerika Serikat, Tesla, disebut telah mengontak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas soal investasi terkait industri kendaraan listrik.


Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi (Kemenko Marves) Ayodhia GL Kalake. Dia bilang Tesla punya rencana berinvestasi di Indonesia.

Saat ini dikatakan komunikasi masih dalam tahap awal, namun upaya berhubungan ini bisa jadi potensi banyak hal.

“Khusus untuk Tesla, pihak Tesla secara informal sudah menghubungi pak Menko Luhut, tetapi ini masih penjajakan awal dan belum terlalu detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut bersama pihak Tesla,” kata Ayodhia mengutip situs resmi Kemenko Marves, Selasa (6/10).

Lebih lanjut, Ayodhia tak menjelaskan maksud investasi Tesla apakah hanya sekedar membuat lokalisasi baterai atau perakitan mobil.

Pada sisi lain, ia mengatakan pemerintah terus memperkuat komitmen mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dengan infrastruktur pendukungnya. Menurut dia pengembangan dilaksanakan melalui berbagai tahapan.

“Pemerintah sangat berkomitmen kuat untuk terus mengembangkan kendaraan listrik. Pemerintah juga berharap ini menjadi pilihan utama, tetapi memang harus bertahap dengan terus memberikan dukungan penuh,” katanya.

Ia mengatakan dukungan yang diberikan antara lain insentif kepada pabrikan atau industri yang mengembangkan kendaraan listrik, dan terus mendorong pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Sudah ada investor asing yang membangun industri skala besarnya di Indonesia,” ucap dia.

Kontak Tesla dengan Luhut bukan hal baru. Pada Oktober 2019 Luhut sudah bertemu dengan perwakilan Tesla di Indonesia yang datang bersama rombongan delegasi kunjungan Menteri Perdagangan AS Wilbus Ross. Selain Tesla, produsen otomotif lainnya yakni Volkswagen, Mercedes-Benz, dan BMW juga datang bersamaan untuk membicarakan investasi baterai lithium di Indonesia.

“Tesla saja datang ke China untuk membeli bahan untuk produksi baterai lithium di AS, sedangkan bahan baku baterai produksi yang dilahirkan di China itu mengambil dari Indonesia. Jadi saya bilang sama Tesla kenapa kalian tidak sama-sama investasi di kita. Presiden (Joko Widodo) pun meminta untuk integrated industry (industri terintegrasi),” kata Luhut seperti dikutip dalam keterangan resmi.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s