Danone-AQUA bakal gencar bangun PLTS atap di lingkungan pabrik

Danone-AQUA bakal gencar bangun PLTS atap di lingkungan pabrik

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Danone-AQUA menyatakan komitmennya untuk membantu pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Salah satu upaya produsen air minum dalam kemasan (AMDK) tersebut berupa pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap (PLTS) Atap di salah satu pabrik Aqua di Klaten, Jawa Tengah.

PLTS Atap yang terpasang di pabrik Aqua tersebut dibangun sejak Agustus 2019 dan sudah masuk tahap commercial operation date (COD) pada akhir Agustus 2020. Pembangkit tersebut memiliki kapasitas sebesar 2.919 kilowatt peak (Kwp) dan mampu memproduksi listrik sebanyak 4 gigawatt hour (GWh) per tahun.

PLTS Atap ini dibangun dari 8.340 modul panel surya di 4 gedung pabrik Aqua di Klaten seluas 16.550 meter persegi.

Vice President of General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, PLTS Atap pabrik Aqua di Klaten merupakan PLTS Atap berkapasitas terbesar yang dibangun oleh kalangan industri di Jawa Tengah.

Pembangunan PLTS Atap di pabrik Aqua merupakan bentuk komitmen Danone-AQUA terhadap bisnis yang berkelanjutan dan memprioritaskan penggunaan energi hijau yang ramah lingkungan.

Ia menyebut, keberadaan PLTS Atap juga sejalan dengan visi Danone Group yang tergabung dalam Renewable Energy (RE) 100 atau gabungan 100 perusahaan multinasional yang bercita-cita menggunakan 100% EBT dalam kegiatan operasionalnya di tahun 2030 mendatang.

Adapun hingga tahun 2020, Danone Group diklaim sudah merealisasikan penggunaan EBT sebanyak 50% di wilayah operasionalnya di seluruh dunia. “PLTS Atap ini akan berkontribusi 15%–20% terhadap kebutuhan listrik untuk operasional pabrik,” kata dia dalam webinar, Selasa (6/10).

Sayangnya, ia tidak menjelaskan nilai investasi yang dikeluarkan oleh Danone-AQUA untuk membangun PLTS Atap tersebut.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Danone-AQUA membangun PLTS Atap di lingkungan pabrik. Tahun 2017 lalu, Danone-Aqua membangun PLTS Atap di pabrik Aqua yang berlokasi di Ciherang, Jawa Barat dengan kapasitas 770 KWp. Kemudian, Februari 2020 lalu, PLTS Atap di pabrik Aqua yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur juga resmi beroperasi dengan kapasitas 378 KWp.

Tahun 2021 nanti, Danone-AQUA menargetkan mampu menambah kapasitas PLTS Atap sebanyak 3.900 KWp yang dibangun di 6 pabrik Aqua, salah satunya terletak di pabrik Aqua Mekarsari dengan kapasitas 2.112 kWp. Sedangkan pada tahun 2022 mendatang, Danone-AQUA menargetkan terdapat 7 pabrik Aqua yang memiliki PLTS Atap dengan total kapasitas 5.474 kWp.

“Kami berharap ke depan bisa mendapat insentif, termasuk juga pelaku industri lainnya, untuk mempercepat penggunaan energi terbarukan,” pungkas Vera.

sumber: kontan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s