Keistimewaan Beli Kendaraan Listrik Selain DP 0 Persen

Pemilik kendaraan listrik diberikan keistimewaan selain uang muka 0 persen, yaitu berita kebal ganjil genap hingga pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Jakarta, CNN Indonesia — Kendaraan listrik mendapat keistimewaan sebab pembelian bisa dilakukan secara kredit dengan uang muka (down payment/DP) nol persen mulai 1 Oktober 2020.


Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 22/13/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI Nomor 20/8/2018 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka) yang berlaku 1 Oktober 2020.

Selain insentif fiskal, jauh sebelum itu kendaraan listrik punya insentif non fiskal yang berlaku sejak tahun lalu yakni kebal terhadap aturan lalu lintas ganjil genap di Jakarta. Mobil listrik bebas ganjil genap sejak Agustus 2019.

“Yang menarik kebijakan pak gubernur kita berikan pengecualian untuk kendaraan listrik,” ujar Kadishub DKI Syafrin Liputo saat itu.

Selain itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan bermotor berbasis listrik mobil dan motor.

Aturan ini ada pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 tahun 2020 mengenai Insentif Pajak Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan.

Pergub ini dikhususkan untuk memperbanyak populasi kendaraan listrik di Jakarta dan ditandatangani Anies pada 3 Januari 2020 dan diundangkan pada 15 Januari 2020, serta berlaku sampai 31 Desember 2024.

Sementara itu ada insentif non fiskal yang masih menjadi usulan bakal kendaraan listrik.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto pernah mengatakan insentif non fiskal yang bisa diterapkan pada kemudian hari seperti kemudahan mendapat parkir atau tarif parkir murah.

“Ya banyak insentif (non fiskal), bisa dengan parkir lebih murah atau dapat tempat khusus dan lain sebagainya,” ungkap Jongkie.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s