Tanpa Hal Ini Energi Terbarukan Hanya Akan Jadi Sampah!

GERMANY-THEME-GREEN-INNOVATIONS

Energi terbarukan saat ini lagi top banget dan masih dikembangkan terus sama pemerintah dan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bahkan sebuah perusahaan minyak bumi saja sudah mulai pecatin pegawainya karena energi terbarukan. Segitu besarnya dampak energi terbarukan hingga perusahaan minyak paling sukses pun juga mampus.

Tapi ternyata, energi terbarukan tidak akan berguna dan hanya akan jadi sampah jika tidak memiliki satu hal yaitu jaringan listrik!

Ya, jaringan listrik! Kalau gak jadi listrik, energi terbarukan mau dipake jadi apa?

Jaringan listrik inilah yang sebenarnya tidak begitu dianggap oleh orang-orang termasuk pemerintah dan ilmuwan. Padahal jaringan listrik itu menjadi sarana distribusi dari energi terbarukan itu sendiri.

Saat ini, jaringan listrik sendiri juga tidak bisa mendistribusikan energi terbarukan dalam jumlah yang cukup dan bahkan seringkali jauh dari pasokan yang dibutuhkan.

Salah satu contohnya adalah di Jerman ketika sebuah pembangkit listrik tenaga angin tidak bisa memberi pasokan listrik kepada wilayah di bagian selatan Jerman.

Tentu kita perlu membangun sebuah infrastruktur jaringan listrik yang memadai bagi energi terbarukan termasuk sistem penyimpanan energi.

Sistem penyimpanan energi ini sangat penting agar tidak terjadi pembuangan energi sehingga kelebihan energi yang dihasilkan dapat disimpan untuk kebutuhan di waktu lainnya.

Sayangnya sistem penyimpanan energi inilah yang menjadi salah satu masalah yang bikin kepala ilmuwan jadi pusing tujuh keliling.

Padahal sistem penyimpanan energi inilah yang sebenarnya menjadi senjata untuk melawan energi fosil seperti minyak bumi dan batubara.

Pihak pemerintah pun juga bisa membuat energi terbarukan menjadi sampah jika pemerintah tidak serius.

Lihat saja contohnya pemerintah Amerika yang tidak begitu serius dan malah menganggap energi terbarukan sebagai mainan. Akibatnya saat ini hanya ada 17,5% pembangkit listrik Amerika yang menggunakan energi terbarukan.

Di masa depan pun Amerika hanya diperkirakan akan menggunakan sebanyak 50% energi terbarukan pada tahun 2050.

Jadi, itu adalah hal-hal yang bisa membuat energi terbarukan menjadi tidak berguna seperti sampah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s