Tesla disebut tertarik mengakuisisi saham LG demi pasokan baterai

Tesla disebut tertarik mengakuisisi saham LG demi pasokan baterai

KONTAN.CO.ID – SEOUL. Perusahaan otomotif Tesla dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi saham LG Energy Solution, yang akan segera berpisah dengan LG Chem. Korea Times melaporkan, keinginan Tesla ini demi menjamin pasokan baterai untuk produk mobil listrik Tesla yang menjadi andalan perusahaan asuhan Elon Musk tersebut.

“Tesla ingin mengakuisisi saham di LG Energy Solution. Secara khusus, Tesla dikatakan sedang menjajaki pengambilan hingga 10% saham di LG Energy Solution,” ungkap salah satu sumber yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Korea Times.

LG Chem, pemasok utama baterai untuk Tesla dan General Motors, sebelumnya mengatakan keputusannya untuk melepaskan bisnis baterai pada bulan Desember.

Pada saat itu, LG Chem mengatakan bahwa ini adalah waktu yang tepat karena industri baterai berkembang pesat dan keuntungan struktural di sektor baterai kendaraan listrik (EV) sedang dibuat.

Dari sudut pandang Tesla, setiap investasi langsung di LG akan membantunya membeli baterai yang memenuhi syarat untuk digunakan pada produk mobil listrik mereka.

Memiliki bagian dalam LG juga akan menjamin ketersediaan pasokan baterai jika suatu saat dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

CEO Tesla Elon Musk, pernah berkata bahwa Tesla memiliki ketergantungan yang cukup besar pada perusahaan produsen baterai, termasuk LG. Para analis pasar juga menilai bahwa Tesla akan tetap menaruh perhatian lebih pada perusahaan-perusahaan sejenis demi kelancaran bisnisnya.

“Tesla akan menyerahkan manufaktur baterai ke mitra, sama seperti sekarang, daripada melakukan manufaktur sel baterai sendiri,” ungkap Mark Newsman dari Bernstein Research, seperti dikutip Korea Times.

Sampai saat Tesla bersama dengan Panasonic dari Jepang, mengoperasikan Gigafactory, perusahaan patungan perakitan kendaraan listrik dan pabrik produksi baterai di AS. Dengan mendiversifikasi sumber pengadaan baterai, Tesla dapat memangkas biaya pengadaan baterainya yang cukup besar.

Langkah Tesla yang ingin mengakuisisi 10% saham dari LG Energy Solution dianggap sebagai langkah yang tepat menghadapi kebutuhan mobil listrik yang semakin tinggi.

sumber: kontan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s