Mobil Listrik Semakin Banyak Di Jalanan, Sudah Jadi Tren?

Toyota Prius PHEV menggunakan teknologi kombinasi mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik. Toyota

Jakarta: Tren mobil listrik di dunia nyatanya juga terasa sampai di Indonesia dengan ditandai sejumlah merek yang juga memasarkan mobil ramah lingkungan tersebut. Bahkan dari waktu ke waktu, populasinya semakin banyak dan mulai dilirik oleh masyarakat.

Salah satu yang gencar mempromosikan mobil listrik dan memasarkannya adalah Toyota. Hingga sekarang ini mereka sudah 10 tahun memasarkan mobil listrik berteknologi hybrid, dan akan terus memasarkannya meski di tengah kondisi sulit sekarang.

“Kita ada dua product (mobil hybrid yang diluncurkan tahun ini), Corolla Cross kemudian (Prius) Plug-in Hybrid yang masih menjual untuk fleet salah satunya di GoFleet. Mudah-mudahan bisa membantu pengembangan dari elektrifikasi di Indonesia,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy Selasa (29/9/2020) yang diselenggarakan oleh PT Astra International secara virtual.

Bahkan dalam 10 tahun sepak terjang jenama asal Jepang itu berkiprah di pasar mobil listrik Tanah Air, penjualan mobil listrik di terus meningkat dari tahun ke tahun. Diklaim mereka saja untuk bulan ini sudah menjual 3.000 unit mobil hybrid dan plug-in hybrid.

“Dari tahun ke tahun penerimaannya semakin baik saya rasa. Mungkin saya membayangkan peluncuran Prius 10 tahun lalu masih kecil sekali, masih single digit atau double digit volumenya. Tapi sejak beberapa tahun belakangan ini meningkat. Saya kasih contoh mungkin saat kita meluncurkan Camry hybrid, porsinya meningkat 15-17 persen dari porsi penjualannya.”

“Kemudian C-HR juga cukup tinggi. Terakhir, Corolla Cross Hybrid itu 70 persen dari volumenya. Kalau SPK per bulannya 300 unit maka sekitar 200-an unitnya itu adalah hybrid untuk bulan ini,” beber Anton.

Bisa dibilang Toyota memang cukup agresif dalam memasarkan mobil listrik, tercatat sekarang ini menjajakan lima model mobil berteknologi hybrid seperti Corolla Cross, Corolla Altis, C-HR, Camry, dan Alphard. Belum lagi Prius PHEV yang baru digunakan secara khusus untuk armada Go-Fleet.

Selain itu belum lagi sejumlah merek juga sudah mulai memasarkan mobil listrik dengan berbagai teknologi. Sebut saja Mitsubishi Outlander PHEV, BMW i3, sampai Nissan Kicks e-Power yang baru saja meluncur. Bukan tidak mungkin perkembangan mobil listrik di Indonesia akan semakin banyak, dan menggeser populasi mobil konvensional di jalanan.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s