IPI: 3 juta lebih pemulung kena dampak pelarangan plastik sekali pakai

IPI: 3 juta lebih pemulung kena dampak pelarangan plastik sekali pakai

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) mengatakan dengan adanya kebijakan pelarangan plastik sekali pakai yang dilakukan di sebagian wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta, berdampak pada lebih dari 3 juta pemulung.

Ketua Umum Ikatan Pemulung Indonesia Prispolly Lengkong mengatakan, saat peraturan pelarangan plastik keluar dirinya merasa sedih karena pemerintah seakan tidak peduli dengan minoritas masyarakat yaitu pemulung.

Prispolly bilang kebijakan ini membuat pemulung menjadi salah satu subjek yang terkena dampak negatif dari kebijakan tersebut.

“Setidaknya ada 3 juta lebih pemulung belum termasuk keluarganya yang akan terdampak dengan diberlakukannya kebijakan larangan single-use plastic,” jelasnya dalam acara Yok Yok Ayok Daur Ulang! (YYADU!) secara virtual, Selasa (29/9).

Menurut Prispolly sampah plastik memiliki nilai ekonomi yang tinggi terutama bagi pemulung. Menurutnya sampah tersebut dipilah, dijual kembali dan didaur ulang  menjadi benda-benda yang dapat bermanfaat, termasuk menjadi plastik lagi.

Prispolly mengatakan seharusnya TPA sudah tidak ada lagi karena kita harus punya mindset dan perencanaan tata kelola sampah yang terintegrasi.

Sebagai contoh, saat ini IPI juga memiliki program waste management, yakni Kawasan Industri Pemulung (KIP) dan Kawasan Usaha Pemulung (KUP).

“Saat ini, program waste management IPI sudah berkontribusi dalam pengurangan sampah di Tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang DKI Jakarta, dari 3,800 ton per hari menjadi 2,063 ton”, tambahnya.

Prispolly mengatakan jika IPI bisa berkontribusi untuk pengelolaan sampah TPST, harusnya, pemerintah, masyarakat dan swasta juga bisa membuat program yang lebih baik untuk penanganan masalah sampah.

sumber: kontan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s