Pertengahan 2021, Pabrik BMW Produksi Modul Baterai Kendaraan Listrik

Rekanan yang akan mengerjakan produksi modul baterai masa depan di Pabrik BMW Group Leipzig (25/09/2020).  - BMW

Bisnis.com, JAKARTA – BMW Group akan memproduksi modul baterai bertegangan tinggi untuk kendaraan listrik di pabrik Leipzig, Jerman, pada pertengahan tahun depan.

Michael Nikolaides, Kepala Perencanaan dan Mesin Produksi & E-Drive, mengatakan bahwa perusahaan secara konsisten meningkatkan produksi e-drive untuk memenuhi target kendaraan listrik BMW yang ambisius.

“Baru-baru ini, kami membuka pusat kompetensi untuk produksi e-drive di Dingolfing dan menggandakan kapasitas produksi untuk baterai tegangan tinggi di BMW Brilliance Automotive China. Sekarang, kami juga sedang meningkatkan produksi baterai kami di Jerman,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (25/9/2020).

Hans-Peter Kemser, Direktur Pabrik Grup BMW Leipzig, menuturkan bahwa perusahaan menghabiskan lebih dari 100 juta euro untuk menyiapkan produksi modul baterai. Pabrik Leipzig berdiri di atas lahan 10.000 meter persegi.

Kemser menyebutkan bahwa produksi modul baterai seri besar di pabrik Leipzig dijadwalkan dimulai pada pertengahan 2021. Pabrik ini merupakan pelopor mobilitas listrik dari BMW sejak 2013. Di Leipzig, BMW telah mencetak model i3, yang menjadi kendaraan listrik pertama perusahaan.

“Di Leipzig, kami memiliki banyak orang di tim dengan keahlian e-mobilitas yang hebat. Kami sekarang menyumbangkan keahlian ini untuk produksi baterai bertegangan tinggi. Pada 2022, lebih dari 150 orang akan bekerja dalam produksi modul baterai di lokasi,” kata Kemser.

Proses produksi untuk baterai tegangan tinggi terdiri dari dua langkah utama.

Pertama, sel baterai diuji dan kemudian dirakit menjadi unit yang lebih besar dalam proses yang sangat otomatis.

BMW Group memperoleh sel baterai dari mitra yang memproduksinya sesuai dengan spesifikasi tepat. Perusahaan juga menggunakan sel baterai yang berbeda, tergantung karakteristik dan relevansi konsep kendaraan.

Kedua, modul baterai dipasang ke dalam pelindung aluminium bersama dengan konektor kendaraan, unit kontrol, dan unit pendingin. Ukuran dan bentuk pelindung aluminium serta jumlah modul baterai yang digunakan berbeda-beda tergantung varian kendaraan. Hasilnya adalah baterai bertegangan tinggi.

Pada awal 2021, satu dari empat kendaraan BMW Group yang dijual di Eropa diharapkan telah bepenggerak listrik. Memasuki 2023, BMW Group menargetkan telah memiliki 25 model listrik di jalan, yang setengahnya dilengkapi penggerak listrik.

sumber: bisnis.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s