Pemerintah Salurkan Hibah Pajak Karbon Rp347 Miliar

Pemerintah Salurkan Hibah Pajak Karbon Rp347 Miliar

DUBLIN, DDTCNews – Pemerintah akan menyalurkan hibah atas penerapan pajak karbon senilai €20 juta atau setara Rp347 miliar kepada pemerintah daerah pada kuartal IV/2020.

Menteri Perumahan Irlandia Darragh O’Brien mengatakan program hibah pajak karbon itu akan mengurangi tagihan listrik warga yang terdampak kebijakan pemerintah dalam melakukan transisi sumber energi. Wilayah di tengah Irlandia menjadi paling banyak mendapatkan alokasi dana ini.

“Saya menyambut baik persetujuan kabinet untuk alokasi dana dari pajak karbon kepada 8 pemerintah daerah,” katanya di Dublin, seperti dikutip Rabu (23/9/2020).

O’Brien menuturkan program hibah pajak karbon sebesar €3,3 juta akan diberikan kepada Pemerintah Dareah Offaly, Laois, Kildare, Westmeath dan Longford. Sementara itu, Pemerintah Roscommon, Galway dan Tipperary masing-masing akan menerima € 1,11 juta.

Dia menyebutkan pemerintah akan melakukan survei kepada rumah tangga pada 8 wilayah yang akan mendapatkan dana hibah pajak karbon. Pencairan dana hibahnya sendiri dilakukan secara bertahap pada periode Oktober dan November 2020.

“Alokasi hibah ini akan menyediakan dana untuk renovasi efisiensi energi untuk sekitar 750 rumah di setiap wilayah,” ujarnya.

O’Brien menambahkan alokasi ini bukan hanya memberikan dukungan untuk transisi sumber energi bagi masyarakat yang ramah lingkungan. Dana hibah ini juga menjadi stimulus penting bagi perekonomian lokal.


Seperti dilansir leinsterexpress.ie, kebijakan Pemerintah Irlandia memberikan dana hibah tidak lepas dari penutupan pembangkit listrik dengan bahan bakar fosil yang terdapat di 8 wilayah tersebut.
Pemerintah Irlandia secara bertahap menutup pembangkit listrik yang tidak ramah lingkungan dan sebagai gantinya, masyarakat yang terdampak mendapatkan kompensasi berupa dana hibah pajak karbon.


“Saya ingin berterima kasih kepada pemerintah daerah atas kerja mereka dalam hal ini dan kami berharap semua ini bisa berkembang,” imbuh O’Brien. (Bsi)

sumber: ddtc.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s