Anies Baswedan Ungkap Polusi Udara di Jakarta Membahayakan

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti polusi di Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020.Polusi udara kembali menyelimuti langit Jakarta, sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memasuki masa transisi. Berdasarkan data AirVisual, kualitas udara Jakarta pada Rabu mencapai angka 156 US AQI, yang tergolong tidak sehat. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tingkat polusi udara di perkotaan, tak terkecuali Jakarta, meningkat seiring dengan bertumbuhnya ekonomi. Menurut dia, kandungan partikulat Ibu Kota telah melampaui standar nasional ataupun World Health Organization (WHO).

“Polusi di Jakarta khususnya kandungan partikulat yang membahayakan kesehatan kita telah melampaui panduan yang ditetapkan WHO dan standar naisonal,” kata dia dalam sambutannya pada peluncuran virtual dokumen kerja sama DKI dengan Bloomberg Philanthropies, Rabu, 23 September 2020.

Baca Juga:

Para pakar, tutur dia, memprediksikan 5,5 juta kasus infeksi saluran pernapasan setiap tahunnya di Jakarta disebabkan karena polusi udara. Biaya kesehatannya diperkirakan Rp 60,8 triliun.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga mencatat jumlah hari tidak sehat dalam indeks standar kualitas udara dalam lima tahun terakhir meningkat. Pada 2015 terdapat 64 hari berkategori tak sehat. Angka itu naik menjadi 183 hari pada 2019.

Walau begitu, Anies memaparkan, Jakarta bisa tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi sekaligus menekan angka pencemaran udara. Dia berujar, pemerintah DKI telah menetapkan tujuh upaya meningkatkan kualitas udara dengan terbitnya Instruksi Gubernur DKI Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

“Pada akhirnya perekonomian dan ekologi akan berasal dari akar yang sama dan kami harus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi dan perlindungan ekologi bisa dilakukan secara bersamaan,” jelas dia.

Hari ini pemerintah DKI dan Bloomberg Philanthropies meluncurkan dokumen Untuk Udara Bersih Jakarta berisikan rencana mewujudkan udara bersih di Ibu Kota. Anies berujar kerja sama tersebut fokus pada peningkatan kualitas udara dalam dua tahun ke depan.

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s