Era Kendaraan Listrik Segera Tiba, Pelaku Usaha Kelistrikan Harus Jeli

Era Kendaraan Listrik Segera Tiba, Pelaku Usaha Kelistrikan Harus Jeli

Sektor ketenagalistrikan dinilai memiliki peluang besar dalam meningkatkan perekonomian, apalagi ke depan penggunaan kendaraan listrik akan semakin masif.

Head of Center of Food Energy & Sustainable Development INDEF Abra Talattov mengatakan, penggunaan kendaraan listrik harus dibaca dengan baik peluangnya. Sehingga berdampak positif ke sektor ketenagalistrikan di Indonesia.


“Pertanyaannya apakah kita semua di sektor kelistrikan sudah mampu mengantisipasi dan menangkap peluang ini betul-betul menjadi potensi yang riil?” ujar Abra dalam webinar yang diselenggarakan SP PJB, Selasa (22/9).


“Jangan sampai sektor pertambangan bijih logamnya meningkat, kemudian sektor otomotifnya untuk otomotif listriknya meningkat, tapi sektor kelistrikan tak dapat apa-apa dalam hal mensuplai kebutuhan listrik untuk industri otomotif,” tambahnya.

Untuk itu, sektor kelistrikan harus bisa membaca peluang itu dan ikut berperan. Apalagi, kata Abra, peluang sektor kelistrikan dalam kendaraan listrik juga sudah bisa terlihat saat pemerintah mulai berupaya melakukan hilirisasi nikel di dalam negeri.

“Sektor bijih logam atau nikel yang saat ini digenjot sekali oleh pemerintah karena punya ambisi kita akan bisa menjadi suplai buat baterai untuk kendaraan listrik ke depan,” ujar Abra.

Selain itu, Abra memastikan nikel menjadi salah satu barang yang saat ini sedang dikembangkan secara global. Ia mengungkapkan produksinya setiap tahun selalu meningkat.

“Ini memang cukup besar sekali target produksi nikel untuk kendaraan listrik. Dari sisi global target untuk memproduksi baterai kendaraan listrik sampai USD 93 billion,” ungkap Abra.

sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s