Aktivis Brasil Desak Bolsonaro Bangun Ekonomi Hijau Berbasis Lingkungan Hidup

Sebidang hutan Amazon terbakar saat ditebangi oleh penebang dan petani dekat Apui, Negara Bagian Amazonas, Brasil 8 Agustus 2020. REUTERS/Ueslei Marcelino

TEMPO.CO, Jakarta – Kalangan pengusaha, bankir, dan pengelola agro-bisnis meminta pemerintahan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, segera mengembangkan ekonomi hijau atau berbasis lingkungan hidup.

Ini terjadi di tengah merebaknya perambahan hutan Amazon dan kawasan rawa Pantanal, yang merusak citra Brasil di dunia internasional.

Selama ini, Bolsonaro, yang berhaluan sayap kanan, kerap menyebut lembaga swadaya masyarakat pemerhati lingkungan hidup sebagai kanker karena menyerang kebijakannya, yang mengizinkan penebangan hutan Amazon.

“Kita punya jendela kesempatan yang besar dan kita harus mengambil manfaat untuk menggairahkan kembali perekonomian yang berkelanjutan,” kata Paulo Branco, kepala Development Frontiers Institute seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa, 22 September 2020.

Branco menilai ini adalah saat yang tepat bagi Brasil untuk mulai mengembangkan ekonomi hijau berbasis perlindungan lingkungan hidup.

Saat ini, Brasil menempati urutan kedua untuk jumlah kasus dan korban Covid-19 terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

“Dengan potensi hutan yang sangat luas, agenda pertanian berbasis lingkungan adalah cara yang lebih cepat untuk pemulihan ekonomi,” kata Marcello Brito dari Koalisi Agrikultur, Hutan dan Iklim dari Brasil.

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s