Pertamina fokus pengembangan 4 pilar energi baru terbarukan (EBT)

Pertamina fokus pengembangan 4 pilar energi baru terbarukan (EBT)

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Guna mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT), PT Pertamina fokus pada empat pilar utama yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Pertama, pengembangan panas bumi. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini Pertamina sudah mengoperasikan sekitar 1.800 MW pembangkit panas bumi bersama mitra.

“Yang dikelola sendiri 700 MW, PLTP sedang dikembangkan dan tahun depan kapasitas menjadi 1.100 MW,” kata dia dalam diskusi virtual, Senin (14/9) malam.

Kedua bioenergi. Dalam pengembangan bioenergi, perusahaan pelat merah ini baru saja melaksanakan program D-100. Nicke bahkan mengklaim produk D-100 telah mulai diekspor.

Kendati demikian, ia tak merinci pasar ekspor yang sudah dituju Pertamina.

“Akhir tahun akan produksi pertama bioavtur, tahun depan akan tambah kapasitas kilang Cilacap bertahap menjadi 6.000 barel per hari,” terang Nicke.

Tak hanya itu, pengembangan biogasoline juga tengah dilakukan Pertamina dengan menggandeng Lemigas dengan ujicoba mencampur 15% metanol dan 5% etanol. 

Nicke menambahkan, Pertamina juga sudah memproduksi biocrude rumput laut bekerjasama dengan Jepang.

Ketiga, optimalisasi produksi gas. “Gas misalnya di Mahakam kami tetap melakukan pengeboran sumur eksplorasi dan eksploitasi tiga hari sekali. Setahun ada 240 sumur,” ujar Nicke.

Terakhir, yakni pengembangan baterai kendaraan listrik. Untuk menjalankan pilar terakhir ini, Pertamina sudah bekerjasama dengan Inalum dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

sumber: kontan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s