Dalai Lama Serukan Aksi Global untuk Perubahan Iklim

Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama

Washington, Beritasatu.com– Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama meminta para pemimpin dunia pada Sabtu (12/9) untuk bergabung dalam memerangi perubahan iklim.

“Sekarang kita harus lebih memperhatikan tentang pemanasan global,” kata pemimpin yang diasingkan itu dalam pesan video di pertemuan virtual para pemimpin parlemen G7.

Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (12/9), sesi ini dipandu Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, seorang advokat senior untuk wilayah Himalaya.

Para pemimpin nasional jarang bertemu dengan Dalai Lama karena tekanan dari Tiongkok.

Dalam pidato video, Dalai Lama mengatakan bahwa orang-orang saat ini memiliki lebih banyak minat bersama untuk menyelamatkan planet ini.

“Jika Anda melihat (pada) sejarah masa lalu, terlalu banyak penekanan pada setiap bangsa, agama individu, termasuk warna kulit,” kata pemimpin Buddha berusia 85 tahun itu, menurut pernyataan dari Kampanye Internasional untuk Tibet.

“Jadi itu menimbulkan banyak masalah. Pada dasarnya, Anda tahu, mereka egois, sikap egois,” kecam peraih Nobel perdamaian 1989 itu.

Perubahan iklim memengaruhi beberapa orang yang paling tidak berkuasa di dunia, tambah Dalai Lama.

“Karena pemanasan global, terlalu banyak hujan di beberapa daerah. Beberapa daerah justru kering. Jadi orang-orang ini menderita. Terutama seperti di Afrika dan beberapa daerah di India dan Tiongkok juga,” kata Dalai Lama.

sumber: beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s