Punya Tampang Klasik, Mobil Balap ini Ternyata Bertenaga Listrik

Punya Tampang Klasik, Mobil Balap ini Ternyata Bertenaga Listrik (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta – Pengembangan mobil listrik saat ini tengah berjalan begitu cepat. Banyak pabrikan dunia, yang berlomba-lomba menghadirkan mobil nol emisi ini. Namun ternyata, kehadiran roda empat ramah lingkungan ini sudah ada puluhan tahun lalu.

Melansir Carscoops, banyak sekali model listrik yang beredar di pasaran di awal 1900-an, dan terjual melebihi mobil konvensional. Tapi, karena beberapa faktor, dan ditemukannya cadangan minyak bumi yang besar di seluruh Amerika Serikat, dan jatuhnya harga minyak bumi, kendaraan dengan mesin pembakaran internal menjadi hal yang biasa, dan mobil listrik tidak laku lagi.

Tidak hanya mobil penumpang biasa, tapi ada juga mobil balap listrik yang hadir di awal 1940-an. Desainer Alexander Imnadze Baldini, menciptakan konsep khusus yang dijuluki Helvezzia Tipo-6.

Kendaraan tersebut telah dirancang sebagai mobil balap, meski bisa juga digunakan di jalan umum.

Memiliki bentuk yang mirip dengan mobil balap klasik di masa itu meskipun dengan tenaga listrik, serta menggunakan gril krom besar di bagian depan. Mobil Ini juga memiliki desain open wheel, dengan satu set ban balap tipis, serta cadangannya yang ditaruh di samping.

Berstatus sebagai mobil balap, Helvezzia Tipo-6 hanya memiliki satu kursi. Dilengkapi kemudi palang tiga yang memiliki tiga alat ukur yang berbeda, dan satu set sakelar.

Xiaomi Bikin Mobil Gokart Listrik Edisi Lamborghini

Sementara itu, Xiaomi resmi merilis mobil gokart hasil kerjasama dengan salah satu pabrikan supercar, Lamborghini. Dijuluki Ninebot GoKart Pro Lamborghini Editon, kendaraan ini hadir dengan tenaga listrik.

Melansir Paultan, mobil gokar listrik ini mendapatkan warna ciri khas mobil super asal italia tersebut, yaitu kuning dan lencana perusahaan.

Mobil gokart ini sendiri, diluncurkan untuk merayakan ulang tahun ke-10 perusahaan teknologi asal Cina tersebut.

Secara umum, mobil gokat edisi Lamborghini ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 40 km/jam. Mobil ini juga dilengkapi dengan empat mode berkendara, yaitu eco, sport, strada, dan corsa.

Melihat dari model yang sudah ada, edisi Lamborghini ini dilengkapi baterai 432 kWh, dengan empat saluran udara yang sudah mumpuni untuk 62 putaran sirkuit atau 400 meter dengan rata-rata kecepatan 40 km/jam.

Gokar ini juga dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan pengemudi mengubah distribusi tenaga mobil di antara roda belakang untuk merasakan pengendalian yang berbeda.

sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s