Dukung Pembiayaan Mobil Listrik, Mandiri Tunas Finance Sebut DP 0% Sulit Diterapkan, Apa Alasannya?

Ilustrasi kredit mobil listrik Hyundai IONIQ dari PT Hyundai Mobil Indonesia.

GridOto.com – Salah satu perusahaan pembiayaan kendaraan di Indonesia, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) kini tengah menyiapkan skema pembiayaan untuk kredit mobil listrik.

Harjanto Tjitohardjojo, Marketing & Sales Director PT MTF mengatakan, skema kredit mobil listrik merupakan bagian dari penerapan keuangan berkelanjutan.

“Kami (MTF) mendukung penuh penerapan keuangan berkelanjutan, melalui persiapan skema kredit mobil listrik atau kendaraan bermotor ramah lingkungan. Hal ini juga sudah kami laporkan dalam kepada OJK.” ujar Harjanto saat dihubungi GridOto.com, Jumat (11/9/2020).

Sementara itu, dukungan kredit kendaraan listrik juga sedang digencarkan Bank Indonesia melalui kebijakan relaksasi kredit dengan DP minimum 0% mulai 1 Oktober mendatang.

Menanggapi kebijakan tersebut, Harjanto mengungkapkan, DP 0% untuk kendaraan listrik belum tentu bisa terlaksana untuk konsumen perorangan.

“Untuk DP nol persen untuk kendaraan listrik khususnya mobil listrik kami sedang jajaki. Kemungkinan bisa dilaksanakan untuk kebutuhan Car Ownership Program, untuk perusahaan besar,” sebutnya.

“DP nol persen untuk konsumen retail atau perorangan masih sulit, mengingat resale value mobil listrik belum bisa kami prediksi,” lanjut Harjanto.

Selain itu ia menyebut, electric mobility (ELMO) jenis roda dua atau motor listrik, saat ini belum menjadi fokus MTF.

“Untuk pembiayaan atau kredit motor listrik sempat kami pelajari, tapi konsumen retail motor listrik tidak jadi fokus MTF,” sebutnya.

“Pembiayaan motor listrik kami lebih ke segmen perusahaan yang butuh banyak unit untuk operasionalnya,” tutup Harjanto.

sumber: gridoto.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s