Kurangi Polusi, Ini Negara dengan Jalur Sepeda Terpanjang Dunia

Kurangi Polusi, Ini Negara dengan Jalur Sepeda Terpanjang Dunia

Suara.com – Proses lockdown selama pandemi Covid-19 diakui berhasil mengurangi polusi udara. Hal ini ditambah fakta bersepeda menjadi salah satu aktivitas fisik yang dipilih masyarakat, baik untuk menjaga kebugaran maupun sarana bepergian dari rumah ke kantor. Bahkan gegara hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana agar ada jalur sepeda di jalan tol. Namun hal ini masih menunggu persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Secara global, data dari Universitas North Carolin menunjukkan ada 3.607 kilometer jalur sepeda yang baru dibuka di dunia. Dan berikut daftar negara dan kota dengan jalur sepeda terpanjang di dunia, berdasarkan rilis yang diterima dari Yayasan Indonesia Cerah, Rabu (9/9/2020).

1. Negara di Eropa (2.329 kilometer jalur sepeda)
Di Eropa, pemerintah memberikan insentif untuk perluasan jalan bersepeda dan pejalan kaki. Per 31 Agustus 2020, dua pertiga dari rencana infrastruktur Eropa mengalokasikan anggaran lebih dari 1 miliar euro untuk pembuatan jalur sepeda.

Prancis sepanjang 727 kilometer, Italia 336 kilometer, Swiss 140 kilometer, Portugal 135 kilometer, dan Spanyol 127 kilometer, menjadi lima besar negara Eropa dengan jalur sepeda paling banyak. Rata-rata 11,5 kilometer jalur sepeda di tiap kotanya telah dibuka di Eropa. Hal itu menghasilkan manfaat kesehatan sebesar USD 3 miliar per tahun.

2. Amerika (1.052 kilometer jalur sepeda)
Oakland telah menutup 119 kilometer atau setara 74 mil. Ini artinya 10 persen jalan di negara itu menyediakan lebih banyak ruang bagi warga dalam menjaga jarak sosial. Dewan Kota New York mengumumkan rencana memperluas jalur bersepeda sepanjang 161 kilometer.

Sedangkan pemerintah Mexico City mengumumkan 129 kilometer infrastruktur sepeda untuk menghindari risiko terkontaminasi virus di transportasi umum.

Ditambah Bogotá membuka 76 kilometer jalur sepeda sementara, dan memperluas 550 kilometer jalur sepeda permanen yang ada di Kolombia.

3. Negara di Asia Pasifik (226 kilometer jalur sepeda)
Tiga kota besar di Australia yang telah menyiapkan jalur sepeda di antaranya Auckland 51 kilometer, Melbourne 40 kilometer, dan Sydney 10 kilometer.

Selandia Baru adalah negara pertama yang mengadopsi jalur sepeda pop-up, menggunakan urbanisme taktis untuk meningkatkan pengalaman bersepeda dan pejalan kaki.

Sedangkan di India, Kota New Delhi berencana untuk mendesain ulang infrastruktur bersepeda sepanjang 60 kilometer. Beberapa kota seperti Bengaluru, Mumbai, Kolkata, dan Nagpur juga telah merancang rencana bersepeda sebagai bagian dari Cycles4Change Challenge.

sumber: suara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s