Menteri LHK Bantah Proyek Strategis Hancurkan Lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Foto: Dok KLHK

Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar membantah anggapan yang menyebut proyek strategis nasional menghancurkan lingkungan. Sebaliknya, pembangunan itu untuk memulihkan ekosistem dan lingkungan.

“Tidak benar ada anggapan pembangun strategis nasional mengandung unsur kemerosotan lingkungan,” kata Siti dalam diskusi virtual, Jakarta, Senin, 7 September 2020.

Menurut dia, pemerintah tetap menjaga lingkungan dengan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Pemerintah juga memantau, mengevaluasi, dan menjalanan upaya pemantauan lingkungan (UPL) hidup.

Siti menyampaikan salah satu cara untuk memenuhi pembangunan strategis nasional dengan memulihkan lahan kritis. Salah satunya membuat program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

“Arahan dari Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) untuk dilakukan pemulihan lahan kritis secara signifikan dengan RHL. RHL bertujuan mengendalikan hidrologi meteorologi dari banjir, longsor, dan kekeringan melalui daya dukung daerah aliran sungai,” imbuh Siti.

Cara lain mengelola lahan kritis dengan meningkatkan produktivitas lahan. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan emisi gas rumah kaca menurunkan.
 
“Berdasakarnan kondisi riil program RHL diorientasikan rehabilitasi, pemulihan daerah rawan bencana, perlindungan daerah tampung air, dan pemulihan ekosistem kawasan. Tak kalah penting, perlindungan dan peningkatan nilai estetis wisata unggulan,” ungkap dia.
 

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s