Dinas Lingkungan Hidup Minta Nonton Bioskop di Mobil Dikaji Ulang

Pengunjung berada di dalam mobil saat menyaksikan film di Skylight Cinema, Senayan Park, Jakarta, Minggu (6/9/2020). Cinema drive-in dihadirkan untuk memenuhi keinginan masyarakat yang ingin menyaksikan pertunjukan film pada saat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Bandung – 

Nonton film layar lebar di dalam mobil memang menjadi sebuah tradisi baru di era new normal atau AKB. Kegiatan yang direncanakan akan perdana di Bandung pada 9 September 2020 mendatang ini ternyata memiliki hal lain yang patut dijadikan pertimbangan dalam pelaksanaannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kamalia Purbani mengatakan pertimbangan ini menjadi catatan bagi pengelola dan masyarakat yang berencana akan mengikuti gelaran tersebut.

Dia mengatakan, drive in cinema perlu dikaji ulang mengingat AC mobil akan terus menyala dan mengeluarkan gas atau emisi kendaraan.

“Polusi udara yang dikeluarkan dalam jumlah banyak akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan berdampak terhadap kesehatan terutama pada saluran pernapasan dan paru-paru,” kata Kamalia kepada detikcom, Senin (7/8/2020).

Hal tersebut sangat memungkinkan terjadi apabila selama menonton mesin mobil tidak dimatikan dan gas buangan akan terus keluar melalui knalpot mobil. “Jika jumlah kendaraan penonton banyak, durasi film rata-rata 2 jam menyebabkan akumulasi pencemaran udara di sekitarnya,” ujarnya.

Kamalia mengatakan, polutan atau bahan yang mengakibatkan polusi dari kendaraan berupa CO, NOx, SO2, HC, PM10 yang memiliki peran besar dalam memberikan dampak bagi kesehatan paru-paru.

“Karena itu perlu dipertimbangkan adanya aturan agar pada saat menonton bioskop, mesin mobil harus dimatikan,” tuturnya.

Dia juga menuturkan,kaitannya dengan penularan COVID-19 terletak pada penurunan daya tahan atau penurunan imunitas seseorang dari polusi udara yang buruk.

“Tingkat polusi udara yang buruk dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia dan mempermudah penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pada tanggal 9-13 September mendatang warga Bandung bisa menyaksikan film layar lebar di dalam mobil atau drive in cinema.

Kegiatan drive in cinema direncanakan digelar di kawasan Obyek Wisata Kiara Artha Park, Jalan Jakarta, kota Bandung. Pelaksanaannya sudah ditinjau atau disimulasikan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

“Simulasi untuk drive in cinema ini sudah sesuai pada saat teman-teman menyatakan minatnya untuk melakukan kegiatan ini. Standar protokol kesehatan yang disyaratkan dilaksanakan,” kata Yana dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Sabtu (5/9/2020).

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s