Denmark Butuh Ongkos Mahal Beralih ke Mobil Listrik

https: img.okezone.com content 2020 09 08 52 2274257 denmark-butuh-ongkos-mahal-beralih-ke-mobil-listrik-2eQhXMgaUj.jpg

COPENHAGEN – Denmark memiliki target ambisius untuk menciptakan iklim ramah lingkungan. Karena itu, negara ini berencana mengalihkan transportasi ke mobil listrik.

Denmark berniat mengalihkan ke kendaraan listrik dari yang awalnya menggunakan bahan bakar fosil. Hal ini merupakan inti tujuan Denmark untuk mengurangi emisi hingga 70% pada tahun 2030.

Namun, negara Nordik ini sangat bergantung pada pajak mobil dan jalan raya dengan nilai 50 miliar krona Denmark atau USD7,95 miliar tiap tahun. Nilai ini setara 2,3% dari PDB negara ini.

Dana dari pajak kendaraan ini dialokasikan Denmark untuk untuk mendanai sistem kesejahteraannya. Demikian dilansir dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

Pada bulan Maret, Dewan Perubahan Iklim Denmark yang merupakan penasihat independen untuk pemerintah mengatakan jumlah mobil listrik harus naik menjadi setidaknya 1 juta pada tahun 2030 dari saat ini yang kurang dari 20.000.

“Ini akan menciptakan masalah yang signifikan bagi perekonomian,” kata kepala komisi Anders Eldrup.

Meningkatkan jumlah mobil listrik menjadi 1 juta harus dilakukan dengan memberiklan peningkatan subsidi dan pengenaan pajak yang lebih tinggi untuk mobil berbahan bakar fosil. Hal ini akan memakan biaya sekira 5,7 miliar krona Denmark pada 2030.

Komisi tersebut diminta oleh pemerintah untuk mencari cara beralih dari mobil berbahan bakar fosil ke mobil listrik tanpa mengganggu anggaran negara.

Sektor transportasi menyumbang sekitar 40% emisi karbon dioksida (CO2) Denmark, dengan kurang dari 1% mobil bertenaga listrik.

sumber: okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s