Mobil Listrik Ford Tembus 8 Detik Jarak 400 meter

Mobil Listrik Ford Tembus 8 Detik Jarak 400 meter

PADA bulan April, Ford meluncurkan sebuah mobil listrik drag pabrikannya yang disebut Mustang Cobra Jet 1400 yang masih prototipe. Produsen mobil ternama asal Amerika Serikat itu, merancangnya secara paralel dengan mobil balap listrik bertenaga tinggi ford lainnya, Mach-E 1400.

Sebuah video baru menunjukan mobil listrik bertenaga tinggi di drag strip yang mencatat waktu 8,27 detik pada seperempat mil di jarak 168 mil (270 kilometer per jam).

Ford bekerjasama dengan Cascadia Motion pada powertrain, yang memiliki total empat motor yang berputar hingga 10.000 putaran per menit.

Setiap motor memiliki output maksimum 350 kilowatt, total 1.400 tenaga kuda (1.044 kilowatt) dan torsi 1.100 pound-feet (1.491 newton-meter).

Namun, tes pengembangan baru-baru ini melebih target, yaitu menembus angka 1.502 hp (1.120 kw) pada roda mobil.

“Sejak mengungkap mobil itu, kami terus menyempurnakannya dan sekarang kami ingin menunjukan apa yang mungkin bisa kami capai dengan tenaga kuda listrik sebesar ini dalam pengaturan balap drag” tutur Mark Rushbrook, Global Direktur Ford Performance Motorsports, seperti yang dilansir dari laman motor1.

Cobra Jet 1400 akan melakukan peluncuran publik pertamanya akhir pekan ini di balapan Nasional NHRA AS, di mana kuda poni yang kuat akan berbaris melawan Cobra Jet bertenaga gas.

Pengemudi Ford NHRA Funny, Bob Tasca, akan mengemudikan prototipe mobil listrik tersebut. Sementara juara Funny Car dua kali dan Penyiar Fox, Tony Pedregon, akan balapan dengan mobil poni bertenaga gas. Nantinya pemirsa di Amerika Serikat bisa menyaksikan siaran di FS1, Fox TV dan siaran langsung NHRA.

Kesempatan tersebut merupakan waktu yang tepat untuk Mustang Cobra Jet 1400 bersinar ketika Ford menyiapkan Mach-E untuk diluncurkan. Mobil drag listrik ini tentu akan membuat produsen mobil lainnya untuk menampilkan keterampilan mobil listrik inovatifnya.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak produsen mobil yang mulai memproduksi mobil listrik, jadi tak menutup kemungkinan bila kedepannya sejumlah produsen mobil akan membuat berbagai inovasi yang melebihi batas anggapan orang tentang mobil listrik.

sumber: merahputih.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s