Perahu Cepat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia ‘Terbang’ di Danau Swiss

Perahu Candela Seven bertenaga listrik saat ujicoba di Danau Lucerne dekat Luzern, Swiss. (Reuters)

TEKNO — Perahu cepat hidrofoil bertenaga listrik pertama di dunia, yang mengurangi konsumsi energi dan kebisingan dengan cara “terbang” di atas ombak, telah memulai debutnya di danau Swiss.

Candela Seven dapat mencapai kecepatan 34 mil per jam saat foilnya mengangkatnya dari air. Pabrikannya mengatakan kapal itu bergerak lebih jauh dan lebih lancar daripada kapal listrik lainnya.

Pelatnya mengurangi gesekan air dan efek gelombang yang menghantam perahu mengurangi konsumsi energi hingga 80% dibandingkan dengan perahu bertenaga diesel biasa dan memperluas jangkauan pesawat hingga 56 mil.

Perahu serat karbon memiliki komputer yang secara otomatis menyesuaikan posisi foil 100 kali per detik untuk mengurangi mabuk laut dan berguling.

“Karena kami tidak memiliki ombak yang menghantam, kami tidak memiliki benturan atau benturan dan Anda benar-benar memiliki perjalanan yang tenang,” kata importir Swiss Christian, Vogel kepada Reuters.

Hingga saat ini, perahu listrik cenderung mengorbankan kecepatan atau jangkauan karena keterbatasan kapasitas baterainya.

Candela Seven memulai debutnya di Swiss di Danau Lucerne minggu ini, dengan Candela Speed ??Boat berharap untuk menghidupkan bisnis baru dengan tur Eropa. Perusahaan yang berbasis di Stockholm telah mengirimkan 16 kapal sejak tahun lalu.

Perahu, yang harganya sekitar $ 296.000, akan cocok untuk kota tepi danau Swiss seperti Zurich, Lucerne dan Jenewa, kata Vogel.

“Orang bisa menggunakannya untuk bepergian melintasi danau atau untuk perjalanan sehari,” katanya. “Anda dapat mengendarai perahu ini dengan perasaan yang bersih dari sudut pandang lingkungan, dan itu sangat menyenangkan.”(fajar)

sumber: jambiekspres.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s