Pemerintah Berencana Hapus Premium dan Pertalite, Pengamat: Ini Bagus untuk Lingkungan dan Kendaraan

PRFMNEWS – Karena dinilai kurang ramah lingkungan, Pemerintah berencana menghapus peredaran bahan bakar jenis premium dan pertalite yang dijual Pertamina. Menurut Pengamat Energi sekaligus Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan, langkah ini merupakan langkah positif untuk lingkungan di Indonesia.

“Ini suatu langkah maju kita dalam rangka menciptakan bahan bakar yang bersih lagi, yang green energy lagi dan ini akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan bakar yang RON lebih rendah dan banyak manfaatnya,” kata Mamit saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 2 September 2020.

Selain baik untuk lingkungan, kata Mamit, penggunaan bahan bakar dengan RON lebih tinggi pun akan memberikan dampak baik pada kendaraan. Menurutnya, pembakaran di ruang mesin akan menjadil lebih sempurna dan mesin kendaraan akan lebih terjaga.

“Kinerja mesin jadi lebih bagus, jarak tempuh jadi lebih panjang, karena pembakaran jadi lebih sempurna sehingga emisinya juga menjadi berkurang,” jelasnya.

Jika resmi pemerintah akan menghapus premium dan pertalite dari pasaran, dia meyakini Pertamina akan bisa memperbaharui kilang-kilang minyak yang ada. Pasalnya, perlu perlengkapan yang lebih mumpuni jika memang pemerintah hanya akan mengedarkan bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi.

“Saya kira memang pemerintah dan pertamina sedang mempersiapkan ke arah itu bagaimana kita bisa melakukan upgrading ke kilang-kilang kita,” pungkasnya.***

sumber:pikiranrakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s