Mobil Listrik Masa Depan Lebih Awet, Begini Penjelasannya

Perusahaan otomotif yang khusus mengembangkan mobil-sport elektrik yang berkecepatan dan bertorsi tinggi. Tesla Motor, Inc., memperkenalkan mobil terbarunya Tesla Model 3 di Hawthorne, California, 31 Maret 2016. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta – Ketika sebuah kendaraan atau mobil baru tiba lalu mengalami beberapa perubahan ringan setelah beberapa tahun. Kemudian mobil generasi baru tiba setelah lima tahun atau lebih.

Mobil baru dan segar lebih laku. Maka mobil masa depan mungkin hidup jauh lebih lama atau lebih awet, begitu pendapat para analis yang berbicara selama webinar Society of Automotive Analysts pada Senin, 31 Agustus lalu.

WardsAuto melaporkan tentang bagaimana sejumlah hal dapat berubah di tahun-tahun mendatang terutama karena semakin banyak mobil listrik melintas di jalan.

Electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik pada dasarnya kebal terhadap peraturan emisi. Inilah insentif bagi pembuat mobil listrik untuk membuat perubahan besar. Dengan memasang rangkaian tnol emisi dengan pembaruan over-the-air (OTA) siklus hidup kendaraan 10 tahun tampaknya tidak terlalu berlebihan.

Tesla adalah contoh yang bagus. Model S terus maju dengan sedikit perubahan substansial pada interior dan eksterior setelah delapan tahun.

Mobil listrik ini menerima suksesi teknologi baterai baru, tetapi Model S yang dijual hari ini sangat mirip dengan Model S yang dijual bertahun-tahun yang lalu.

Sedan itu memang menerima sedikit penyegaran, yang terutama menghapus “gril.” Tetapi sebaliknya, ia tergantung pada gaya dasar yang sama.

Sementara itu, pemilik mobil listrik itu masih menerima banyak fitur baru melalui pembaruan OTA untuk menjaga mobil tetap segar.

Pembaruan OTA khusus untuk produk Tesla, tetapi hari ini?

Ford F-150 2021 bahkan akan mengikuti teknologi itu.

Prediksi analis menyatakan siklus hidup yang lebih lama juga akan menghemat uang pembuat mobil listrik dan mencadangkan sumber daya untuk area lain, seperti teknologi self-driving.

Itu tidak berarti setiap pembuat mobil akan tiba-tiba mengambil pendekatan semacam ini. Banyak mobil membutuhkan perhatian lebih sering daripada yang lain, seperti mobil sport, agar tetap segar di segmen khusus.

Tapi siapa yang tahu apa yang akan dihasilkan oleh teknologi dan kemampuan masa depan.

CNET.COM

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s