Mobil Listrik 1000 HP Lucid Air Akan Diluncurkan 9 September 2020, Tantang Muscle Car dan Supercar

KABAR LUMAJANG – Perusahaan Lucid Motors berencana meluncurkan sedan performa tinggi mereka pada 9 September 2020 mendatang. Istimewanya, mobil yang diberi nama Lucid Air ini bermesin listrik alias electric vehicle (EV).

Ibarat mesin yang perlu dipanaskan sebelum tancap gas, Lucid Motors juga mulai “memanaskan” persaingan dengan mengumbar sejumlah klaim tentang gacoan baru mereka.

Lucid Air disebut sebagai salah satu mobil dengan akselerasi tercepat yang pernah dibuat di kolong langit.

Klaim dari pabrikan asal Newark, California itu berarti menantang mobil-mobil kencang produksi massal yang sudah lebih dahulu eksis, dalam hal ini mobil yang ditenagai motor bakar konvensional.

Lucid Air sanggup mencetak 0 hingga 96 km/jam dalam tempo 2,5 detik dengan top speed 320 km/jam. Monster listrik ini menggunakan dapur pacu ganda yang memuntahkan daya 1080 HP sehingga mampu melibas trek drag 402 meter hanya dalam 9,9 detik secara konsisten dan berulang.

“Sampai saat ini, Air adalah satu-satunya sedan listrik yang bisa menyelesaikan 402 meter di bawah 10 detik,” demikian bunyi klaim Lucid seperti dikutip dari The Verge.

Namun, sepersekian detik di bawah 10 detik sudah merupakan selisih yang besar dalam konteks kendaraan performa tinggi. Sebagai perbandingan, sejumlah mobil sport dapat mengungguli angka yang dicetak Lucid Air.

Dodge Charger, muscle car yang identik sebagai rajanya trek drag mampu menyelesaikan 402 meter dalam waktu 9,65 detik dengan mesin V8 6200 cc-nya. Beberapa pesaingnya dari daratan Eropa juga punya catatan yang tak kalah seram.

Kita mulai dengan Ferrari LaFerrari, hyper car seharga 1,4 juta dollar itu mampu menghasilkan 9,8 detik untuk jarak 402 meter. Torehan ini sama dengan jagoan Jerman, Porsche 918 Spyder yang dibanderol 845 ribu dollar.

Sementara pabrikan spesialis mobil mahal nan kencang, Bugatti punya Veyron Super Sport yang mampu membukukan figur fantastis; 9,7 detik. Namun harganya juga fantastis, bertengger di kisaran 2,4 juta dollar.

Boleh jadi angka-angka luar biasa tadi akan membuat banyak orang terpukau. Namun jelas bahwa performa tinggi harus diimbangi dengan kepiawaian mengemudi “tingkat dewa”. Bukan satu dua kali terjadi kecelakaan yang meremukkan mobil-mobil sport berikut penumpangnya.

Lucid pada 2017 sempat mengetes purwarupanya dan mencetak top speed 350 mil/jam di trek ujicoba. Angka ini melonjak menjadi 378 mil/jam setelah software pembatas kecepatannya dilepas.

Bicara tenang mobil listrik, maka publik akan sulit untuk tidak membawa-bawa Tesla dalam diskusi. Perusahaan besutan multi-miliarder Elon Musk itu memang getol meriset mobil listrik sehingga meskipun bukan pionir, namun telah menjadi ikon di bidang ini.

Tesla Model S P100D telah menyandang reputasi sebagai EV tercepat dengan akselerasi 0-96 km/jam dalam 2,9 detik dan top speed “hanya” 250 km/jam. Namun belum ada keterangan yang menyebutkan figur yang dicetak Model S P100D setelah pembatas kecepatannya dicopot.

Selama ini mobil-mobil performa tinggi yang masuk produksi massal umumnya dipasangi pembatas kecepatan sehingga performa aslinya “terkunci” bahkan sebelum pembeli melihatnya dipajang di dealer.

Tiga produsen Jerman; Audi, BMW, dan Mercedes Benz bahkan punya “gentleman’s agreement” untuk menyepakati pembatasan kecepatan bagi mobil-mobil mereka. Alasannya semata-mata demi mengurangi angka kecelakaan maut di Autobahn, jalan bebas hambatan di Jerman.

Apapun itu, nampaknya Lucid akan menantang banyak pihak dengan peluncuran Air nanti. Perusahaan ini bukanlah anak kemarin sore dalam hal riset kendaraan listrik. Tahun 2007 saat masih bernama Atieva, mereka fokus pada produk baterai ketimbang mobil utuh. Capaiannya diakui dengan ditunjuk sebagai pemasok baterai bagi balapan Formula E untuk musim kelima dan keenam.***

sumber: pikiranrakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s