Aspal Ternyata Lebih Banyak Hasilkan Polusi Udara Dibanding Kendaraan

https: img.okezone.com content 2020 09 03 16 2271933 aspal-ternyata-lebih-banyak-hasilkan-polusi-udara-dibanding-kendaraan-t0xAkRMzTd.jpg

JAKARTA – Sebuah studi baru dalam jurnal Science Advances menujukkan bahwa jalan raya sebenarnya dapat melepaskan lebih banyak polutan udara berbahaya daripada mobil yang melewatinya. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis di jurnal tersebut.

Melansir dari IFL Science, Kamis (3/9/2020), penulis menganalisis bahwa polusi berupa senyawa kimia yang dilepaskan aspal dalam berbagai kondisi berbeda. Ia mengungkapkan zat tersebut melepaskan partikel tertentu dalam konsentrasi tinggi, terutama pada hari-hari cerah yang panas.

Ketika berbicara terkait polusi udara, PM2.5 selalu menjadi acuan. PM2.5 merupakan nama yang diberikan untuk partikel kecil dengan diameter di bawah 2,5 mikrometer.

Emisi seperti senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dan senyawa organik menengah atau semivolatil (I/SVOC) bertindak sebagai prekursor PM2.5 dan ozon. Lalu biasanya dilepaskan melalui pembakaran bahan bakar serta berbagai sumber kimia lainnya.

Kemudian salah satu sumber tersebut adalah aspal yang paling sering digunakan pada permukaan jalan dan atap. Dalam melakukan penyelidikan, para peneliti menggunakan teknik yang disebut spektrometri massa resolusi tinggi untuk menganalisis VOC dan I/SVOC yang dilepaskan oleh aspal pada suhu berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa emisi meningkat dengan urutan besarnya ketika aspal dipanaskan hingga 140 derajat Celsius (284 derajat Fahrenheit) –seperti biasanya terjadi ketika diterapkan ke jalan baru– dibandingkan dengan 60 derajat Celsius (140 derajat Fahrenheit).

Selain itu, aspal ditemukan melepaskan 300 kali lebih banyak senyawa tersebut ketika terkena radiasi matahari. Para peneliti berkonsultasi dengan data emisi dari Southern California Air Basin (SoCAB), dan mendapat kesimpulan bahwa secara total potensi produksi (polusi udara) tahunan sumber trekait aspal di SoCAB lebih besar daripada gabungan kendaraan bermotor on-road berbahan bakar bensin dan solar.

sumber : okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s