Penggundulan Hutan, Perbankan Global ‘Sumbang’ US$154 Miliar

Kondisi sebagian kawasan hutan yang rusak di sekitar pegunungan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (25/10). - ANTARA/Akbar Tado

Bisnis.com, JAKARTA – Perbankan global telah menyalurkan pinjaman dan underwriting senilai US$154 miliar ke komoditas yang menyebabkan deforestasi atau penggundulan hutan dan degradasi lahan sejak 2015.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (1/9/2020), lembaga nonprofit Amazon Watch menyatakan bank-bank meningkatkan kredit ke perusahaan komoditas sekitar 40 persen sejak adanya Kesepakatan Paris pada Desember 2015. Hal ini berdampak ke hutan-hutan tropis yang berada di Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika bagian tengah dan barat

Dari laporan tersebut disebutkan Banco do Brasil menjadi kreditur terbesar dengan penyaluran pinjaman senilai US$30 miliar sejak 2016 kepada perusahaan yang menimbulkan kerusakan hutan.

Perusahaan-perusahaan tersebut sebagian besar berlokasi di Brasil dan bergerak di sektor pengolahan daging, kedelai, dan pengolahan kertas. Selain Banco do Brasil, Bradesco, Rabobank, dan JPMorgan Chase & Co. juga disebutkan dalam daftar tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s