Konversi Motor Bensin Jadi Listrik Dimulai dari Honda Beat

Kemenperin menginisiasi lahirnya modifikasi Honda Beat menjadi motor listrik.

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah mulai memberi contoh dalam proyek konversi sepeda motor konvensional menjadi murni listrik. Objek yang dijadikan contoh yakni mengubah skutik 110 cc Honda Beat menjadi bertenaga listrik murni.
Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, langkah konversi tersebut sejalan program pemerintah menyusul terbitnya regulasi sebagai payung hukum kendaraan listrik di dalam negeri.

Regulasi pembuka telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Putu menjelaskan konversi ini sebagai salah satu upaya menuju penerapan regulasi kendaraan listrik itu pada 2021. Kemenperin telah mengumumkan proyek konversi ini pada Februari.

Menurut Putu pemerintah menggandeng sejumlah pihak, terutama pelaku industri modifikasi, dalam konversi skutik Beat ini. Putu menjelaskan hasil proyek ini untuk pertama kali telah ditampilkan pada akun video berbagi modifikator Alitt Susanto.

“Dalam video itu diperlihatkan skutik yang akan dikonversi memakai motor listrik tak hanya diubah sumber tenaga penggeraknya saja, tetapi juga dilakukan kustomisasi tampilannya agar lebih futuristis,” kata Putu dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/8).

Skutik ini menggunakan seperangkat komponen modifikasi mulai suspensi depan-belakang, bodi, hingga drive train atau motor penggerak menggantikan mesin bakar konvensional. Sedangkan komponen yang akan dipertahankan yaitu sasis.

Skutik listrik itu juga akan mendapat fokus perubahan pada tampilan kaki-kaki menggunakan “banana” arm agar terlihat lebih kekar.

Jenis kaki-kaki tersebut dipilih karena kompatibel untuk dipasangi pelek, ban, dan sistem pengereman berukuran besar yang membuat tampilannya semakin menarik.

Disebutkan skutik paling laris di Indonesia ini akan dibekali baterai 60 Volt 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh.

Baterai ini diklaim mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian, dengan usia pemakaian mencapai enam tahun. Sedangkan waktu pengisian daya hingga 4,5 jam dari kosong hingga penuh, dan terdapat fitur autocut yang memungkinkan proses pengisian baterai otomatis berhenti ketika penuh.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s