Mobil Listrik Skoda Citigo iV Tampaknya Cocok untuk di Indonesia

Skoda yang coba bermain di teknologi mobil listrik, hadir dengan di segmen citycar dengan menghadirkan Citigo iV. Skoda

Mladá Boleslav: Pengembangan mobil ramah lingkungan kini masif dilakukan oleh berbagai mereka yang ada di dunia. Mereka mengembangkan berbagai model mobil dengan efisiensi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, khususnya masalah tenaga dan jarak tempuh.

Skoda yang coba bermain di teknologi mobil listrik, hadir dengan di segmen citycar dengan menghadirkan Citigo iV. Secara teknologi mungkin mobil ini cukup cocok untuk digunakan di Indonesia karena jarak tempuh yang dimilikinya hampir mencapai 275 kilometer.

Mobil mungil ini menggunakan baterai lithium-ion 36,8 kWh dan dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 61 kW. Kombinasi ini cukup mumpuni digunakan untuk mobil yang digunakan komuter di dalam kota.

Kombinasi ini membuat mobil memiliki daya puntir maksimal 210 Nm, dengan akselerasi 0-100 kilometer per jam 12,5 detik. Kecepatan maksimalnya juga mentok di 130 kilometer per jam.

Selain itu, penggunaan motor listrik itu juga mampu membuat baterai ini bertahan hingga 274 kilometer (tergantung gaya mengemudi dan medan jalanan). Selain itu pengisian daya baterai juga dimudahkan dengan adanya teknologi fast charging.

Apabila menggunakan fast charging dengan daya 40 kW arus DC maka pengisian baterai 0-80 persen hanya membutuhkan waktu 1 jam saja. Kemudian penggunaan wall box dengan daya 7,2 kW bisa mengisi 0-80 persen baterai dalam waktu 4 jam 8 menit, sedangkan menggunakan pencatu daya portabel berdaya 2,3 kW membutuhkan waktu 12 jam 37 menit untuk pengisian 0-80 persen.

Kalau dianalogikan untuk perjalanan kantor di dalam kota dengan rute contoh Pondok Gede – Bundaran HI sekitar 33 kilometer sekali perjalanan, maka untuk pulang-pergi saja membutuhkan jarak tempuh 66 kilometer. Maka dengan kemampuan jarak tempuh Citigo iV hingga 274 kilometer, maka pemiliknya membutuhkan waktu sekitar 3 hari sekali untuk melakukan pengecasan baterai.

Sayangnya Grup Volkswagen tidak memasarkan Skoda di Indonesia. Namun bagi konsumen di Indonesia yang dalam dekat ini ingin membeli mobil listrik, mungkin bisa menunggu Nissan Leaf yang beberapa hari lagi akan diluncurkan.
sumber: medcom.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s