Mampus! Siap-Siap Yang Punya Saham Minyak Bakal Rugi!

ExxonMobil oil refinery in Baton Rouge

Kalo jaman dulu, perusahaan minyak tuh pasti jadi bisnis yang bagus. Ya gimana gak bagus? Sehari-hari aja orang pakai bahan bakar yang tentunya berasal dari minyak bumi untuk berbagai keperluan seperti kendaraan salah satunya.

Kita liat aja berbagai negara kayak Arab Saudi dan Brunei Darussalam yang rajanya aja udah tajir banget karena bisnis minyak.

Tentu beli saham perusahaan minyak pun juga pilihan yang bagus karena bisnis minyak juga sangat bagus saat itu.

Tapi siap siap kalau anda masih punya saham perusahaan minyak, sebaiknya cepat-cepat dijual saja kalau anda tidak mau rugi.

Saat ini sudah mulai banyak perusahaan investasi yang membuang sahamnya di perusahaan minyak.

Contohnya adalah Storebrand, sebuah perusahaan investasi dari Norwegia yang membuang sahamnya di ExxonMobil dan Chevron hingga senilai $90 miliar.

Alasannya adalah Storebrand ingin mendukung kebijakan energi terbarukan dan menargetkan perusahaan migas yang menghambat kebijakan energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Menurut Jan Erik Saugestad, eksekutif dari Storebrand, kegiatan menghambat kebijakan energi terbarukan dan ramah lingkungan dengan lobi adalah hal yang tidak dapat diterima.

Storebrand sendiri juga sudah mulai menarik investasinya dari perusahaan kimia Jerman BASF dan perusahaan penyuplai listrik Amerika yaitu Southern Company.

Jan juga mengatakan bahwa pihaknya harus segera beralih ke energi terbarukan dan membuang sahamnya di perusahaan minyak agar Storebrand bisa lepas dari hambatan yaitu perusahaan migas.

Selain ExxonMobil dan Chevron, ada juga perusahaan minyak lainnya yang menghambat kebijakan energi terbarukan dan ramah lingkungan yaitu BP, Total, dan juga Shell.

Kalau dihitung, 5 perusahaan ini sudah menghabiskan sekitar $200 juta per tahunnya hanya untuk melobi para pejabat agar kebijakan energi terbarukan dan ramah lingkungan bisa ditunda dan dihambat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s