Sehari Temukan 14 Titik Api di Hutan

KARHUTLA: Tim gabungan memadamkan api yang membakar RPH Gawok, BKPH Bagor, KPH Nganjuk kemarin siang.

Data yang dihimpun koran ini menyebutkan, belasan titik api itu tersebar di lima kecamatan. Mulai Jatikalen, Lengkong, Rejoso, Bagor, dan Berbek.  “Kategorinya mulai dari rendah, sedang, sampai tinggi,” ujar Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk Soekonjono.

Dikatakan Soeko, pihaknya selalu memantau pergerakan titik panas atau hot spot yang berpotensi terja­dinya karhutla. Tak hanya itu, ia juga bekerja sama dengan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk untuk menindaklanjuti karhutla tersebut.

Seperti halnya yang terjadi di RPH Gawok, BKPH Bagor, KPH Nganjuk kemarin siang. Ada sebagian area hutan di petak 81A yang terbakar. Kebakaran dilapor­kan terjadi sekitar pukul 14.30. “Jenis tanamannya kayu jati,” lanjut pria bertubuh kurus itu.

Kebakaran di sana kali pertama diketahui oleh petugas dari KPH Nganjuk berpatroli. Saat meme­rik­sa area hutan, salah satu anggota melihat adanya kepulan asap tebal dari arah hutan.

Kontan saja, petugas langsung mendatangi lokasi kebakaran yang berada di tengah hutan. Sesampainya di tkp, petugas lalu memadamkan api yang sejatinya telah menyebar tersebut. “Diper­kirakan luasan yang terbakar kurang-lebih satu hektare,” imbuh Soeko terkait kebakaran di lahan seluas sekitar 41 hektare itu.

Lebih jauh, pemadaman tersebut dilakukan hingga sekitar satu jam. Pasalnya, lokasi tersebut tidak bisa dijangkau armada Damkar Nganjuk. Alhasil, pemadaman di lokasi hanya bisa menggunakan alat seadanya. Seperti halnya ranting pohon maupun tongkat.

“Petugas juga memadamkan dengan gepyok dari ranting kayu yang masih basah. Selain itu, mereka juga telah membuat sekat bakar atau ilaran,” tandasnya.

sumber: jawapos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s