Hidup Penyu Laut Terancam Sampah

Hidup Penyu Laut Terancam Sampah

MALANG – Sudah bukan rahasia lagi jika habitat penyu laut kini semakin terancam. Selain karena menjadi sasaran predator laut, ternyata sampah dari manusia menjadi momok bagi hewan menggemaskan ini.
Ketua Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC), Saturi, mengatakan jika setiap tahun ada saja penyu yang mati akibat memakan sampah.
“Kita bahkan membuatkan makam khusus untuk penyu di Pantai Bajulmati ini,” ungkap Saturi, beberapa waktu lalu.
Penyu-penyu yang mati tersebut sebelum dikubur biasanya akan dibedah terlebih dahulu. “Ini agar kita bisa mengeluarkan sampah-sampah di dalam tubuhnya,” terangnya.
Oleh sebab itu, Saturi mewanti-wanti agar wisatawan lebih peduli pada laut. Caranya dengan tidak buang sampah sembarangan.
“Terutama plastik itu yang menjadi ancaman bagi penyu. Karena dari wisatawan di sini kadang-kadang kita harus memberikan pengertian,” bebernya.
Selain sampah, dia juga memperingatkan agar wisatawan tidak membuat api unggun di pantai. “Sehingga kita himbau agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuat api unggun karena ada penyunya,” paparnya.
“Kegiatan ini kita utamakan di sosialisasi dan edukasi terkait konservasi terutama penyu. Tujuannya biar konservasi penyu ini semakin dikenal, sehingga masyarakat paham terkait penyu,” sambungnya.
sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s