Anak Tumbuh di Lingkungan Hijau Punya IQ Lebih Tinggi?

Anak Tumbuh di Lingkungan Hijau Punya IQ Lebih Tinggi?

DEKAT dengan lingkungan yang lebih hijau atau alam memiliki banyak manfaat. Penelitian yang dipublikasikan di PLOS Medicine pada 18 Agustus 2020 menunjukkan waktu di alam bermanfaat bagi perilaku dan kesehatan mental anak-anak.

The Guardian mewartakan penelitian ini menjelaskan sudah ada bukti signifikan ruang hijau (green spaces) meningkatkan berbagai aspek perkembangan kognitif anak. Tapi ini adalah penelitian pertama yang meneliti IQ.

Penelitian tersebut mengamati 620 anak berusia antara 7 dan 15 tahun yang tinggal di daerah perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan Belgia. Kemudian penelitian itu menggunakan citra satelit untuk menghitung jumlah ruang hijau yang dapat diakses seorang anak. Lalu membandingkannya dengan skor mereka dalam penilaian kecerdasan dan perilaku.

Para peneliti juga memperhitungkan kekayaan dan tingkat pendidikan orang tua anak-anak. Sebagian besar mengesampingkan gagasan bahwa keluarga yang lebih mapan dapat memberi anak-anak mereka akses ke lingkungan yang lebih hijau.

Hasil penelitian menemukan lebih dari 600 anak berusia 10-15 tahun menunjukkan peningkatan 3 persen di lingkungan yang lebih hijau, meningkatkan skor IQ mereka dengan rata-rata 2,6 poin. Efek ini terlihat di daerah yang lebih kaya dan lebih miskin.

Skor IQ rata-rata adalah 105. Para ilmuwan menemukan 4 persen anak-anak di daerah dengan tingkat kehijauan yang rendah mendapat nilai di bawah 80. Sebaliknya tidak ada anak yang mendapat nilai di bawah 80 di daerah dengan lebih banyak tumbuhan hijau.

Penyebab penemuan ini memang tidak pasti. Tetapi bisa dibilang mungkin terkait dengan tingkat stres yang lebih rendah, lebih banyak bermain dan kontak sosial atau lingkungan yang lebih tenang.

“Ada semakin banyak bukti lingkungan hijau dikaitkan dengan fungsi kognitif kita, seperti keterampilan memori dan perhatian,” kata Tim Nawrot, profesor epidemiologi lingkungan di Universitas Hasselt di Belgia.

Dr Matthew White, seorang psikolog lingkungan di Exeter University di Inggris, yang bukan bagian dari tim studi, memuji kualitas penelitian tersebut. “Penelitian ini dapat membantu kita mendapatkan perspektif baru, tidak hanya melihat kecerdasan sebagai bawaan, dan bisa dipengaruhi oleh lingkungan juga,” ucap White.

Selain dapat meningkatkan skor IQ, Eco Watch mengatakan sebuah studi oleh Universitas Aarhus yang diterbitkan pada Februari 2019 menemukan anak-anak yang tumbuh dekat atau di lingkungan yang lebih hijau, 55 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gangguan mental serius di kemudian hari.

Di sisi lain, sebuah studi tahun 2015 yang berbasis di Barcelona menemukan tumbuh di lingkungan yang lebih hijau dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak. (lev)

sumber: merahputih.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s