Wujud Sandal Jepit Minim Bahan Plastik, Nyaman dan Ramah Lingkungan

Ilustrasi Sandal Jepit

Liputan6.com, Jakarta – Nyaman, ringan, dan murah mungkin saja menjadi faktor utama bagi banyak orang untuk memilih sandal jepit sebagai alas kaki favorit. Tapi, apa yang terjadi setelah sandal jepit tak lagi terpakai?

Sebuah riset yang dikerjakan tim peneliti dari University of California pada 2017, menyebutkan, produksi sandal jepit dari berbagai belahan dunia mencapai 3 miliar pasang setiap tahunnya. Benda yang sudah tidak terpakai itu kebanyakan berujung mengotori lautan.

“Faktanya, banyak pencemaran yang ada di lautan adalah sesuatu seperti ini (sampah sandal jepit karet) yang terbawa arus dari sungai dan berakhir di lautan, menjadi bagian dari tumpukan sampah,” ungkap Stephen Mayfield, Profesor Biologi dan Direktur Bioteknologi Alga California Center UC San Diego, dikutip dari kanal YouTube UC San Diego.

Berangkat dari temuan itu, mereka kemudian bermitra dengan perusahaan teknologi dan start-up Algenesis Materials untuk membuat sandal jepit yang lebih ramah lingkungan. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menciptakan busa poliuretan yang diperoleh dari ekstrak minyak alga.

Busa tersebut dibuat untuk memenuhi spesifikasi sol bagian tengah sepatu dan alas sandal jepit, dikutip dari UCSD News, Jumat, 21 Agustus 2020. Berbeda dengan sandal jepit karet biasa yang umumnya terurai menjadi mikroplastik, sandal jepit alga diklaim bersifat mudah terurai (biodegradable).

“Setelah ratusan formulasi, akhirnya kami mendapatkan satu (formula) yang memenuhi spesifikasi komersial. Busa ini berasal dari 52 persen kandungan hayati – pada akhirnya kita akan mencapai angka 100 persen,” tambah Mayfied.

Partisipasi Mahasiswa Asal Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s