Segini Biaya Konversi Motor BBM Jadi Listrik

Segini Biaya Konversi Motor BBM Jadi Listrik

Eksistensi kendaraan ramah lingkungan seperti motor listrik sudah mulai menunjukkan tajinya. Beberapa APM juga mulai percaya diri menjual produknya di Tanah Air, sebut saja Gesits, Viar, Selis, dan yang lainnya.
Namun, bagi Anda yang ingin mencoba teknologi motor listrik tanpa perlu membeli unit yang baru, beberapa modifikator menawarkan solusi mengubah motor BBM jadi motor listrik.

Secara praktiknya, mengonversi motor konvensional menjadi motor elektrifikasi terbilang mudah. Hal ini dijelaskan oleh Andi Akbar alias Atenx dari rumah modifikasi Katros Garage.
“Mudah kok, dari motor BBM itu gue cuma tinggal melepas mesin CVT-nya dan kemudian dipasang komponen motor listrik, baterai, dan controller. Semua struktur sasis masih ada dan perombakan juga tidak terlalu banyak,” kata Atenx kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Beda cerita jika membangun motor listrik dari nol. Dia perlu membuat sasis, bodi, dan komponen penunjang lainnya. Secara umum, mengubah motor konvensional jadi motor listrik seperti modifikasi motor kebanyakan.
Nah, ubahan paling kentara dari modifikasi motor BBM ke listrik terjadi pada kaki-kaki belakang. Jika pilihannya dinamo listrik diletakkan pada hub (tromol) velg belakang akan ada penggantian velg dan juga mengkustom sedikit arm agar velg bisa presisi dengan lengan ayun.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengkonversi ke kendaraan listrik

Atenx mengatakan, terkait biaya mengubah motor konvensional menjadi motor listrik punya harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga itu disesuaikan dengan daya dinamo dan kapasitas baterai itu sendiri.
Dia mencontohkan, untuk mengubah motor konvensional dengan daya dinamo listrik kecil berjarak tempuh 25 kilometer dan kecepatan 60 km/jam mahar yang harus disiapkan adalah Rp 15 juta.
“Itu sudah baterai, dinamo, dan controller. Sebenarnya dari ketiga itu yang mahal baterainya, yang lain-lain harganya masuk akal, bukan murah juga tapi,” jelas dia.
Sebelumnya, Katros Garage sedang mengerjakan proyek modifikasi Honda BeAT menjadi motor listrik. Tak cuma sektor mesin yang diubah, rencananya motor ini juga akan punya tampilan motor futuristik yang akan diberikan cuma-cuma pada gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) Oktober 2020 nanti.
Bagaimana, Anda tertarik mengubah motor bensin jadi motor setrum?
sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s