Perusahaan Asal China Bakal Rakit Mobil Listrik di Batam

Intip Pembuatan Mobil Listrik Pertama Porsche

Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan asal China Today Sunshine menggandeng perusahaan lokal PT Sumber Energi Sukses Makmur (SESM), untuk menjajaki kerjasama perkitan mobil listrik di dalam negeri.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual antara President Direktur PT SESM Zulfian Mirza dan Nick dari pihak manajemen Today Sunshine, perusahaan pabrikan mobil asal Zhejiang, China.

Zulfian mengatakan, melalui kerjasama ini akan memproduksi mobil listrik di segmen low-speed electric vehicles, dengan kapasitas 5 penumpang sebanyak 10 ribu unit per tahun.

“Kami antusias dengan kerjasama kedua belah pihak dan berharap bisa memulai produksi dalam waktu dekat,” kata Zulfian, di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Penjajakan Kerjasama merupakan kelanjutan dari pembicaraan kedua perusahaan selama 6 bulan terakhir. Zulfian menambahkan, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen SESM untuk terus mengembangkan Energi Baru Terbarukan dan mengurangi emisi karbon.

Zulfian pun menyebut Batam sebagai lokasi pabrik perakitan mobil listrik nantinya, Pulau ini terpilih dikarenakan sudah memiliki infrastruktur dan merupakan free trade area. Mobil listrik ini akan menggunakan teknologi baterai listrik dengan bahan baku yang akan diperoleh dari Sulawesi.

Untuk lebih lanjut, SESM akan mengirim tim ke pabrik Today Sunshine di China menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Diharapkan pembangunan pabrik akan dapat dimulai pada tahun depan.

Untuk menunjang bisnis tersebut dan pengembangan industri kendaraan listrik nasional, SESM juga memiliki rencana pengembangan industri baterai di lokasi yang sama.

“Melihat dukungan pemerintah yang sangat besar untuk pembuatan baterai lokal dengan sumber bahan baku dari Sulawesi yang sangat besar,” ujarnya.

Perusahaan juga akan mengembangkan stasius pengisian baterai di beberapa lokasi di kota besar Indonesia serta menyiapkan solar farm di beberapa titik di Jakarta untuk mendukung rencana tersebut.

Nick menambahkan, kerjasama ini merupakan kerjasama pertama internasional mereka di Indonesia.

“Today Sunshine sendiri adalah perusahaan swasta yang berdiri sejak 2014 lalu dan telah memproduksi sekitar 50 ribu unit low-speed electric vehicles sejauh ini,” tutupnya.

Indonesia akan Jadi Pemain Utama Mobil Listrik, Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s