Inilah Berbagai Pelajaran Dari Pandemi Covid-19 Untuk Manusia!

Covid coronavirus pollution

Di tahun 2020 ini, kita sebagai umat manusia menghadapi sebuah cobaan yang besar yaitu wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia dan bahkan menjangkiti hingga 17,6 juta orang di seluruh dunia.

Tentunya wabah ini berdampak besar pada bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan juga yang lainnya. Kita pun juga tidak pernah menduga bahwa wabah ini akan terjadi dan mengganggu berbagai sektor.

Tapi yang pasti ada berbagai pelajaran yang dapat dipetik dari sini, inilah pelajaran-pelajaran yang kita dapat dari pandemi ini:

  1. Udara Menjadi Lebih Bersih

Seperti yang kita tahu, udara menjadi lebih bersih karena berbagai negara di dunia menerapkan kebijakan lockdown yang melarang orang-orang untuk keluar rumah.

Tapi selain itu, kita juga belajar bahwa polusi udara dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kasus Covid di tempat-tempat dengan kadar polusi udara yang parah.

Tentunya dari sini kita menjadi terdorong untuk mengembangkan energi terbarukan agar kita bisa menghapus polusi udara.

2. Alam Liar Menjadi Lebih Lestari

Alam liar tentu lebih lestari karena berkurangnya polusi dan pencemaran. Tentunya hewan hewan pun bisa hidup lebih tenang. Kita juga harus tahu bahwa hewan-hewan bisa menyebabkan penyakit karena mereka terusir dari habitat mereka.

Dari dulu, sudah ada berbagai wabah penyakit yang disebabkan oleh hewan. Seperti SARS( kelelawar), MERS(Unta), pes(tikus), dan lainnya berasal dari hewan.

Hewan-hewan ini menularkan berbagai penyakit pada manusia karena mereka terusir oleh manusia sehingga mudah terkena penyakit dan menularkannya pada manusia.

Oleh karena itu, melestarikan alam liar juga menjadi catatan penting disini.

3. Memperkuat Sistem Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu hal yang sebenarnya kurang mendapat perhatian dunia. Padahal ini adalah salah satu hal terpenting karena wabah penyakit sudah menelan kerugian hingga $100 miliar selama 20 tahun terakhir.

Berbagai cara yang bisa dilakukan adalah dengan berhenti mengeksploitasi alam liar dan juga mengembangkan sistem pertanian ramah lingkungan.

4. Jadilah Vegetarian

Saya yakin mungkin anda akan berpikir saya gila kalau menyuruh anda untuk tidak makan daging. Tapi memang inilah yang sudah harus kita lakukan.

Wabah Covid-19 saat ini saja disebabkan oleh adanya konsumsi daging kelelawar dan daging lainnya dari pasar hewan di Wuhan, China.

Selain itu, Virginia State University pernah mengatakan bahwa ada 15 penyakit dari hewan ternak yang dapat menular ke manusia. Penyakit-penyakit tersebut di antaranya adalah antraks, TBC, dan juga flu burung.

Jadi, anda masih mau makan daging?

5. Berpeganglah Pada Sains

Ingat! Anda jangan percaya pada takhayul yang dibuat oleh berbagai pihak yang tidak jelas.

Ikutilah perkataan dari para ilmuwan dan para ahli karena merekalah yang memiliki pengetahuan lebih luas daripada kita.

Jadi itulah pelajaran-pelajaran dari pandemi ini, semoga pandemi ini cepat selesai dan pelajaran-pelajaran ini bisa menjadi sesuatu yang berharga bagi kita.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s